Cinta Budaya Gorontalo, Mahasiswa Semester 2 UNG Terbitkan Buku Karawo

Cinta Budaya Gorontalo, Mahasiswa Semester 2 UNG Terbitkan Buku Karawo

20/05/2021 20:32 0 By Syakir

Hulondalo.id – Wujud kecintaan akan budaya leluhur, mahasiswa semester 2 Universitas Negeri Gorontalo ini, berhasil melahirkan sebuah buku bertajuk ‘karawo’. Buku berisi tentang sejarah singkat karawo, hingga bagaimana cara membuatnya itu, selesai dikerjakan meski harus gonta ganti laptop.

Penulisnya bernama Atika Zakaria. Dara kelahiran 15 September 2001 itu, mengaku termotivasi dengan keinginannya melestarikan budaya menenun kain Gorontalo itu.

Atika mengaku, meski bukunya hanya setebal 30 halaman, namun pengerjaanya butuh perjuangan. Seperti mengumpulkan bahan tulisan, baik dari berbagai seminar tentang karawo, hingga mendengarkan cerita langsung dari pengrajinnya.

“Saya memulai menulis dengan mengumpulkan bahan tulisan di berbagai seminar, hingga menemui pengrajin dan orang tua yang sangat memahami perkembangan Karawo ini” ungkapnya, Kamis (20/5/2021).

Bahan tulisan itupun dikumpulkan sedikit demi sedikit, di buku catatan hingga smarphone miliknya. Karena belum punya , Atika terpaksa pinjam dari sepupu atau teman kuliah, untuk menyelesaikan buku tersebut.

Bagi Atika yang tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi itu, harapan buku berjudul “Karawo” itu sedikit banyak bisa membantu menggalang anak muda Gorontalo ikut mencintai dan melestarikan budaya sendiri.

Atika yang aktif di berbagai organisasi ekstra kampus itu berharap, bukunya yang menceritakan sejarah singkat karawo itu, sedikit banyak bisa berpartisipasi melestarikan Karawo, sebagai budaya warisan leluhur.

“Dalam Mengamati keindahan yang terdapat pada kerajinan karawo tidak cukup hanya dilihat dari tampilan bentuk seperti bentuk motif atau pun pesan yang tersirat melalui maknanya, akan tetapi dibalik hal tersebut terdapat kaidah-kaidah tentang penyusunan karya yang diterapkan kedalamnya,” tandasnya. (inkri)