Ciptakan Demokrasi Berintegritas, Jaharudin: Mari Awasi Pemilu dan Pilkada Tahun 2024

Ciptakan Demokrasi Berintegritas, Jaharudin: Mari Awasi Pemilu dan Pilkada Tahun 2024

27/10/2021 15:54 0 By Syakir

Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo, Jaharudin Umar dalam konfrensi pers, Rabu (27/10/2021).

Hulondalo.id – Untuk menciptakan Demokrasi yang berintegritas, Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo, Jaharudin Umar mengajak semua komponen sama-sama mengawasi penyelenggaraan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024.

Jaharudin mengatakan, dalam mengedukasi masyarakat, bawaslu tidak berjalan sendiri, kita mengajak seluruh stakeholder dan  kader Pengawas partisipatif.

“Nah, mereka ini kita didik untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk bagaimana menyampaikan pemilu dan Pilkada yang berkualitas,” kata Jaharudin, saat konfrensi pers bersama KPU, KPK RI, di Aston Hotel, Rabu (27/10/2021).

Sisi lain, kata Jaharudin, pihak bawaslu melakukan pengawasan dan pencegahan baik dari tahapan Pemilu hingga pasca Pemilu dan Pilkada. Tujuannya adalah untuk memastikan sesuai ketentuan juga unsur-unsur manipulatif.

Terakhir, dijelaskan Jaharudin, kita melakukan tindakan secara tegas, sebab instrumen hukum dalam penyelenggaraan pemilu dan Pilkada sudah tegas.

“Apa itu? Melarang, perbuatan memberikan serta menjanjikan uang, baik pemberi dan penerima, sama-sama akan diberikan sanksi,” ungkapnya.

Kedepan, diharapkan Jaharudin, kita terus mendorong, agar perbuatan ini tidak dilakukan oleh peserta.

“Olehnya semangat edukasi dan pencegahan, untuk menciptakan pemilu berintegritas dan terpercaya,” tandasnya. (Inkri)