Cita-cita ‘Smart City’, Kebutuhan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Cita-cita ‘Smart City’, Kebutuhan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

02/07/2021 14:49 0 By Maman

Percepatan Smat City Kota Gorontalo

Walikota Gorontalo, Marten Taha memberikan sambutan pada agenda percepatan Smart City dan pemanfaatan TIK di lingkungan Pemkot Gorontalo, Jum’at (2/7/2021). (f.hms)

Hulondalo.id – Cita-cita dari smart city kata Walikota Gorontalo, Marten Taha, sebuah kebutuhan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), pada tata kelola pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan publik.

“Ini tuntutan untuk meningkatkan efesiensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas dalam melaksanakan roda pemerintahan, pelaksanaan pembangunan utamanya melayani masyarakat,” ungkap Walikota pada agenda percepatan Smart City dan pemanfaatan TIK di lingkungan Pemkot Gorontalo, Jum’at (2/7/2021).

Walikota juga mengatakan, ada tantangan dari sisi internal yaitu, perencanaan dan penganggarannya. Ssementara diberbagai regulasi peraturan Menteri Keuangan dan Mendagri, belum mampu mewujudkan kota yang memiliki program teknologi, dengan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Sebab kata Walikota, anggaran belum terintegrasi secara lebih sempurna, keterbatasan roadmap, integrasi data, dan internet of thing. Yang terakhir kata Walikota, budaya masyarakat.

“Pandemi Covid-19 yang tidak menerapkan tatap muka, mengimplementasikan internet of thing kepada masyarakat, sehingga kita bisa mewujudkan apa yang menjadi cita-cita smart city ini,” jelas politisi Partai Golkar itu.

Dia menambahkan, untuk mewujudkan ini, kerjasama dengan perusahaan yang ahli di bidang untuk berkolaborasi sudah dilakukan.

“Saya berharap, seluruh OPD dapat memahami hasil dari kegiatan ini, untuk diimplementasikan dilingkungan pemerintah kota Gorontalo, dan percepatan penerapan serta cita-cita smart city,” harap Walikota.

Dalam kegiatan ini diikuti 40 OPD dilingkungan Pemkot Gorontalo. (Inkri/Adv)