Contoh Kampung KB, Desa Iloheluma Dievaluasi Pemkab Pohuwato

Contoh Kampung KB, Desa Iloheluma Dievaluasi Pemkab Pohuwato

03/07/2020 10:05 0 By Yadin

Evaluasi Kampung KB oleh Pemerintah Kabupaten Pohuwato.

Hulondalo.id – Desa Iloheluma, Kecamatan Patilanggio yang ditetapkan sebagai percontohan Kampung KB di Kabupaten Pohuwato setahun lalu, dievaluasi oleh pemerintah daerah, Kamis (2/7/2020).

Kepala DP3AP2KB, Rusmiati Pakaya mengatakan, dari 26 Kampung KB di Pohuwato yang tersebar di 13 kecamatan, Desa Iloheluma telah ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo sebagai Kampung KB percontohan.

“Ya, diseluruh kabupaten/kota ditetapkan 1 desa percontohan, sehingga itu di Kabupaten Pohuwato ditunjuklah Desa Iloheluma. Tindak lanjutnya di seluruh kecamatan saat ini sudah ada 26 kampung KB yaitu 2 desa di tiap kecamatan,” terangnya.

Kampung KB dibentuk lanjut Rusmiyati, dengan tujuan untuk kolaborasi program lintas OPD dan dukungan dari berbagai pihak.

“Semua program endingnya menciptakan masyarakat kecil, bahagia, dan sejahtera. Dipilihnya Desa Iloheluma mungkin karena suport pemerintah desa, kemudian disertai dukungan TP. PKK desa dan TP PKK kecamatan, dan itu sebenarnya jadi modal utama,” jelas Rusmiyati.

Sebab menjadikan satu desa jadi desa percontohan kata Rusmiyati, itu tidak hanya PLKB, unsur BKKBN yang bekerja, tetapi harus kolaborasi dari semua unsur utamanya dari unsur pemerintah desa. Salah satunya berupa persiapan sekretariat, penyiapan anggaran melalui dana desa. Indikator lainnya adalah desa yang tingkat kelahiran tinggi supaya dengan hadirnya desa sebagai Kampung KB dan dilakukan penyuluhan dengan harapan mengurangi tingkat kelahiran.

“Selain itu, karena Desa Iloheluma adalah kampung KB percontohan harusnya ada hal yang melebihi kampung KB yang lain. Artinya, kelebihannya dari sisi pemenuhan gizi ibu hamil, pemberian ASI esklusif kepada ibu menyusui, pelayanan di fasilitas kesehatan untuk pemeriksaan ibu hamil sampai dengan melahirkan itu sesuai dengan standar keehatan,” tambah Rusmiyati.

Dengan demikian harapan ke depan adalah generasi Pohuwato yang ada di Desa Iloheluma berkualitas, cerdas, terpenuhi gizinya sehingga akan tercipta generasi emas yang ada di Pohuwato. (yadin/adv)