Covid-19 di Tolitoli Terus Bertambah, Arham: Tracking Kontak Dilakukan

Covid-19 di Tolitoli Terus Bertambah, Arham: Tracking Kontak Dilakukan

30/09/2020 21:56 0 By Maman

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Tolitoli Arham Yacob.

Hulondalo.id – Kasus Covid-19 di Tolitoli terus bertambah. Dua hari terakhir ini, dua kasus ditemukan, salah seorang di antaranya masih berusia 13 tahun. Juru Bicara Satgas Covid-19 Tolitoli, Arham Yacub mengatakan, disiplin masyarakat sangat dibutuhkan.

Pasien Covid-19 baru yang berusia 13 tahun kata Arham, diketahui beralamat di Kelurahan Tuweley. Pasien ini kata Arham, diketahui memiliki riwayat kontak dengan pasien Covid-19 lainnya. Kini kata Arham, pasien tersebut menjalani perawatan intensif di ruang isolasi Covid-19 di RS Mokopido Tolitoli.

Pada Rabu (30/9/2020) kata Arham, Tolitoli ketambahan satu  pasien lagi berjenis kelamin laki-laki 47 tahun, juga dari alamat yang sama. Pasien ini memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah Tolitoli.

“Sebelumnya sudah menjalani perawatan di RSUD Mokopido, sebelum dinyatakan positif Covid-19, saat pasien sudah dipindahkan ke ruang isolasi Covid-19,” kata Arham.

Arham juga mengatakan, tim surveilans Dinas Kesehatan dan RSUD Mokopido, sudah melakukan penelusuran masyarakat yang pernah kontak langsung dengan pasien tersebut, atau tracking kontak. Ini bentuk gerak cepat yang dari kedua instansi untuk memutuskan penyebaran virus.

“Masyarakat jangan menganggap sepele virus ini, kami juga meminta masyarakat disiplin terhadap himbauan pemerintah pada pelaksanaan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Kemandirian dan kesadaran masyarakat kata dia, penting pada penerapan disiplin protokol kesehatan ini, seperti wajib memakai masker, jaga jarak dan selalu mencuci tangan. Daya tahan tubuh dan selalu berprilaku hidup sehat, juga penting dilakukan.

Bertambahnya jumlah pasien Covid-19 ini, kini total ada 5 pasien Covid-19 di Tolitoli. Mereka kata Arham, dalam pengawasan tim dokter dan perawat. 4 pasien di isolasi di RSUD Mokopido, dan 1 pasien isolasi mandiri di rumahnya. (Andis)