Cuaca Ekstrim, Festival Saronde Terpaksa Ditunda

Cuaca Ekstrim, Festival Saronde Terpaksa Ditunda

19/09/2019 20:26 0 By Yadin

Staf Dinas Pariwisata Gorontalo Utara Yasin Ali saat menyambut kunjungan para wisatawan di Pulau Saronde. (F. Istimewa)

Hulondalo.id – Cuaca ekstrim yang terjadi di wilayah Gorontalo Utara dan sekitarnya beberapa hari ini mengakibatkan agenda penting Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara terganggu.

Kepala Dinas Pariwisata Gorontalo Utara, Badar Pakaya menyampaikan, dilakukannya penundaan festival bukan karena unsur kesengajaan.

“Kemarin harus mengalami penundaan pelaksanaannya akibat kondisi cuaca yang cukup ekstrim sehingga panitia penyelenggara melakukan penundaan sampai dengan kondisi cuaca kembali stabil,” ujar Badar.

Badar juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat yang mengalami kerugian akibat kondisi yang tak diduga tersebut. Munculnya cuaca ekstrem diluar kemampuan, sehingga jika dipaksakan berisiko muncul akibat yang yang lebih besar lagi.

Ia menambahkan, tertundanya kegiatan festival bukanlah simbol kegagalan. Karena poin inti dari Festival Saronde tidak lain adalah kunjungan para wisatawan asing ke pulau Saronde atau ke Gorontalo.

“Dan mereka sudah memenuhi undangan kami, dan kami pun langsung menggelar penyambutan yang dipimpin langsung oleh sekretaris daerah bapak Ridwan Yasin,” katanya.

Sebelum itu, pelaksanaan festival rencananya dihadiri turis mancanegara. Dari 30 kapal Yacht hanya 15 kapal yang berhasil tembus akibat cuaca buruk.

Karena merasa puas, para wisatawan ini berjanji akan berkunjung kembali ke Gorontalo. Mereka juga siap promosikan potensi pariwisata yang ada di Gorontalo utara.

“Sebagaimana diketahui bahwa Gorontalo utara berada pada bibir pasifik dan laut sulawesi yang menjadi jalur pelayaran internasional, dimana setiap tahunnya melintas kapal kapal Cruise, super yacht dan yacht dari Australia menuju Malaysia. Hal inilah yang menjadikan Gorontalo Utara sebagai tujuan wisata para wisatawan dunia yang melalui laut,” jelasnya.(John)