Curah Hujan Tinggi, Tiga Desa di Kabupaten Gorontalo Dilanda Longsor & Banjir

Curah Hujan Tinggi, Tiga Desa di Kabupaten Gorontalo Dilanda Longsor & Banjir

02/05/2021 00:51 0 By Maman

Banjir Longsor Kab Gorontalo

Bencana banjir dan longsor terjadi di Kabupaten Gorontalo. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Desa Labanu dan Buhu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo dilanda banjir dan tanah longsor. Ini terjadi setelah hujan mengguyur Kabupaten Gorontalo, Sabtu (01/05/2021).

Kepada BPBD Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku mengatakan, bencana ini terjadi sekitar pukul 19.15 WITA. Curah hujan dengan intensitas tinggi membuat beberapa Desa Buhu dan Desa Botumoputi, banjir. Ketinggian air kata dia, kurang lebih lutut orang dewasa.

“Tanah longsor juga terjadi di Dusun Tangale, Desa Labanu Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, sepanjang kurang lebih 100 meter, akibatnya, arus lalu lintas yang juga trans sulawesi ini terganggu,” terang Sumanti saat dikonfirmasi via telp.

Sumanti juga mengatakan, bencana itu membuat sejumlah rumah terendam. Data yang ada kata dia, masing-masing, Desa Buhu Dusun Kopi sekitar 10 unit rumah, 10 Kepala Keluarga (KK), 30 jiwa. Dusun Alo, ada 15 unit rumah, 15 KK, 49 jiwa, dan Dusun Ilandala, 7 unit rumah, 7 KK , 26 jiwa. Selain itu, pasar Buhu juga ikut terrendam.

“Kami telah memerintahkan Tim TRC untuk turun ke lokasi, guna melakukan penanganan, diantaranya pemantauan, pendataan korban bencana dan pembersihan jalan yang terdampak longsor,” pungkas Sumanti. (Pin)