Curah Hujan Tinggi, Waspada Penularan Penyakit DBD

Curah Hujan Tinggi, Waspada Penularan Penyakit DBD

17/05/2021 12:04 0 By Maman

Reyke Uloli

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Reyke Uloli, SKM, M.Kes.

Hulondalo.id – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo meminta masyarakat mewaspadai penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) pasca curah hujan yang tinggi belakangan ini.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Reyke Uloli, SKM, M.Kes, mengatakan, cuaca yang sangat ekstrim dengan curah hujan yang cukup begitu tinggi, rentan menimbulkan genangan air.

Genangan air dimaksud bisa ada di kaleng bekas, ban bekas dan tempat sampah. Kondisi itu kata Reyke, berpotensi menjadi sarang nyamuk Aedes Aegypti.

“Masyarakat harus mengantispasi, nyamuk ini akan beternak dan berkembangbiak, kami meminta masyarakat mewaspadai penularan penyakit DBD,” ungkapnya, Senin (17/5/2021).

Menurutnya, guna menjaga penyebaran penyakit DBD masyarakat diimbau senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

“Jaga kebersihan, biasakan hidup sehat, jangan ada genangan air disekitar rumah kita, serta jangan biarkan ada penampungan air yang sudah berhari-hari,” katanya.

Dijelaskan Reyke, semua ini harus memiliki partisipasi masyarakat untuk melihat dan membersihkan potensi-potensi sarang nyamuk tersebut.

“Bak mandi setiap masyarakat, harus seminggu sekali dibersihkan dan dikuras sampai bersih tak memberikan peluang kepada nyamuk,” tandasnya. (Inkri/Adv)