Dampak Covid-19, Petani Cabai di Tolitoli Terancam Merugi

Dampak Covid-19, Petani Cabai di Tolitoli Terancam Merugi

19/04/2020 21:32 0 By Maman

Petani Cabai di Tolitoli.

Hulondalo.id – Pandemi Covid-19 berdampak kepada para petani cabai di Tolitoli. Kebijakan pemerintah daerah, untuk memutus mata rantai virus ini, disisi lain berdampak kurang baik terhadap para petani cabai.

Saldi, salah seorang petani cabai di Desa Silondou Kecamatan Basidondo Tolitoli, ikut merasakan dampak tersebut. Kereshan kini mulai dirasakannya, terhadap hasil panen cabai ditengah merosotnya harga jual dipasaran.

“Harga dipasaran merosot, ini tentu akan berpengaruh terhadap penghasilan kami,” kata Saldi.

Biasanya kata dia, jelang ramadhan disetiap tahun, keuntungan yang diperoleh cukup besar pasca panen cabai. Tahun ini, kondisinya berbeda. Diawal masa tanam kata dia, modal yang telah dikeluarkannya cukup besar, mencapai sekita Rp. 30 juta.

“Dari Januari sampai bulan April ini, sangat dirasakan dampaknya, permintaan dari masyarakat untuk cabai sangat kurang,” ungkapnya.

Akibatnya, cabai hasil panen kini menumpuk. Dia juga mulai bingung mulai bingung bagaimana menafkahi keluarganya yang selama ini hanya bergantung dari panen cabai tersebut.

Harapan Saldi hanya tak muluk-muluk. Dia berharap, pemerintah daerah bisa mengijinkan kapal yang akan membeli cabai masuk ke Tolitoli. Dia juga berharap, pemerintah daerah dapat menindak lanjuti harga cabai di pasaran. (Andis)