Dana PEN untuk Kabupaten Gorontalo ‘Terhalang’ Surat dari DPRD

Dana PEN untuk Kabupaten Gorontalo ‘Terhalang’ Surat dari DPRD

01/10/2021 21:58 0 By Syakir

Hulondalo.id – Upaya Pemerintah Kabupaten Gorontalo mendorong pemulihan ekonomi daerah lewat Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bisa saja gagal. Hal ini menyusul adanya surat yang mengatasnamakan DPRD Kabgor, yang isiinya meminta penundaan pencairan PEN.

Hal itu diungkap Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo pada rapat paripurna DPRD Pembicaraan Tingkat II Pengambilan Keputusan Terhadap Perubahan RAPBD Kabupaten Gorontalo Tahun Anggaran 2021, Kamis (30/09/2021).

Meski mengatasnamakan lembaga, namun surat tersebut belakangan diketahui surat tersebut konon hanya ditandatangani oleh Wakil Ketua DPRD Roman Nasaru.

“Terkait surat, nanti kita akan rapatkan lagi di rapat pimpinan fraksi,” kata Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Syam T Ase.

Saat ditanya, apakah surat tersebut diketahui oleh Ketua DPRD, Syam menegaskan pihaknya akan membahas di rapat pimpinan fraksi.

“Jadi, surat yang ditandatangani boleh beberapa anggota DPRD itu, kita akan bahas di rapat pimpinan fraksi pada (hari ini,red). Untuk isi suratnya kita belum mengetahuinya sebab surat itu belum masuk ke kita,” tegas Syam.

Kader PPP itu, belum memberikan saksi terhadap beberapa anggotanya yang ikut menandatangani surat tersebut. Dengan alasan, pihaknya akan melaksanakan rapat pimpinan fraksi terlebih dahulu.

Dirinya pun kembali mengaskan, piminan DPRD itu kolektif kolegial. Artinya, ketika ada surat keputusan yang keluar, dan pimpinan DPRD yang menandatangani maka subtansi dia menandatangani akan dibahas.

“Dalam surat itu, secara lembaga yang bersangkutan menandatangani secara lembaga atas nama wakil ketua DPRD Kabupaten Gorontalo. Kita akan membahas subtansi surat itu yang akan kita bicarakan,” tandas Syam.

“Jika dia menandatangi menggunakan kop surat, cap, nomor surat bahkan surat itu tidak mengatasnamakan nama pribadi Roman Nasaru, tapi atas nama wakil Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, dan hingga kini kita belum mengetahui isi suratnya. Sehingga ini kita segera bahas pada rapat pimpinan fraksi serta menghadirkan pihak sekwan DPRD,” pungkas Syam. (opin)