Danrem-Kapolda Gorontalo Jaga Ketahanan Pangan Lewat Kampung Tangguh di Wonosari

Danrem-Kapolda Gorontalo Jaga Ketahanan Pangan Lewat Kampung Tangguh di Wonosari

09/07/2020 20:06 0 By Alex

Polda Gorontalo

Kapolda Gorontalo Irjen Pol Adnas bersama Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito dan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Muljady Mario saat pencanangan program ketahanan pangan dan kampung tangguh di Desa Bongo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Kamis (9/7/2020).

Hulondalo.id – Kapolda Gorontalo Irjen Pol Adnas MSi bersama Komandan Korem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito mencanangkan kampung tangguh untuk program ketahanan pangan di Desa Bongo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Kamis (9/7/2020).

Pencanangan kampung tangguh di Gorontalo yang juga digelar serentak secara virtual di seluruh Indonesia ini juga ditandai dengan panen raya padi, tebar benih lobster dan ikan air tawar.

“Apa yang dilakukan oleh TNI Polri ini adalah untuk membantu masyarakat meningkatkan ketahanan pangan guna mengurangi dampak pandemi Covid-19,” ujar Kapolda Gorontalo Irjen Pol Adnas.

Diakui Adnas pula, potensi ketahanan pangan di Provinsi Gorontalo yang didominasi oleh sektor pertanian, perikanan dan kehutanan ini cukup tangguh. Hal tersebut dibuktikan dengan masih banyak masyarakat Gorontalo yang tetap berhasil dan produktif meski di tengah pandemi Covid-19.

“Waktu menuju ke lokasi ini, saya lihat terhampar subur tanaman padi, jagung dan tebu. Bukan saja itu, dari perikanan banyak warga yang berhasil panen ikan lele, udang lobster, ikan nila dan lain-lain. Peternakan juga, masyarakat sukses beternak sapi, ayam dan lain-lain. Semuanya menjadikan ketahanan pangan di Gorontalo cukup tangguh,” aku mantan Wakapolda Bengkulu dan Wakapolda Sulawesi Selatan itu.

Meski demikian, pihaknya pun tidak mau kalah. Kapolda Irjen Pol Adnas mengatakan, pihaknya bersama TNI akan membuat terobosan kreatif yang dapat menjadi brand untuk Provinsi Gorontalo.

“Jadi kita Polda Gorontalo bersama-sama TNI akan memproduksi hand sanitizer, yang nantinya akan kita salurkan untuk masyarakat sebagai sarana mencegah penyebaran Covid-19,” katanya.

Polda Gorontalo

Kapolda Gorontalo saat tabur benih ikan air tawar pada pencanangan kampung tangguh untuk program ketahanan pangan.

Pada pencanangan kampung tangguh tersebut, Kapolda Gorontalo bersama Danrem 133/Nani Wartabone melakukan panen padi secara simbolis di lahan seluas 1 Hektar, kemudian dilanjutkan dengan penebaran 100 benih lobster 100 ekor, 500 ekor benih ikan nila dan 1.000 ekor benih ikan lele.

Pencanangan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Kasrem, Dir Bimmas, Kabid TIK, Kabid Humas, Kabid Propam Polda Gorontalo, Kapolres Boalemo, Dandim, Camat Wonosari dan kelompok tani Desa Bongo.(Alex)