Dapat Sembako dari Gubernur, Begini Pengakuan Sopir Angkutan di Gorontalo

Dapat Sembako dari Gubernur, Begini Pengakuan Sopir Angkutan di Gorontalo

04/05/2021 23:21 0 By Maman

Gubernur Bagi Bantuan Pangan Sopir

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kanan) berbincang dengan salah satu operator angkutan kota antar provinsi (AKAP) dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo usai menyerahkan bantuan pangan bersubsidi kepada sopir dan pelaku usaha angkutan darat di teras Rumah Dinas Gubernur, Selasa (4/5/2021). (Foto: Salman)

Hulondalo.id – Mau tidak mau, pemerintah akhirnya mengeluarkan pelarangan mudik tahun ini. Tentu ini disadari berdampak bagi pendapatan para sopir angkutan. Paham dengan apa yang dirasakan para sopir, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pun menyerahkan santunan berupa bahan pangan bagi sopir angkutan, Selasa (4/5/2021).

Setidaknya bantuan itu, diakui para sopir bisa meringankan beban mereka. Hal itu seperti diakui Fandi Ponto, salah seorang sopir angkutan.

“Situasi yang memang lagi pandemi covid-19. Kita harus bisa memaklumi. Apalagi pemerintah provinsi memberikan perhatian dengan menyerahkan bantuan sembako,” ungkapnya.

Diakuinya memang, pendapatan saat musim mudik lebaran jauh lebih besar dibanding hari biasanya. Tapi, kita juga harus sadari upaya pemerintah memutus rantai penyebaran covid-19.

“Terima kasih kepada pak gubernur, Kita merasa sangat terbantu dengan bantuan sembako ini,” imbuhnya.

Zulfitri Suryawan, salah seorang sopir taksi untuk transportasi bandara mengaku bisa memahami langkah pemerintah itu, walaupun diakuinya peniadaan mudik sangat terasa pada pendapatan mereka. Apalagi dua tahun terakhir sudah seperti ini.

“Seperti kata pak gubernur ini bukan keegoisan pemerintah daerah malainkan ini adalah instruksi dari pak presiden. Bagaimanapun kami harus mengikutinya. Tapi Alhamdulillah perhatian dari bapak gubernur tidak ada habisnya kepada kami. Karena pendapatan kami menurun, tapi dengan adanya bantuan ini insyaAllah bisa terbantukan,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Jabba Opu, manajer usaha Damri Gorontalo. Dirinya berterima kasih ke Gubernur Gorontalo, dengan adanya bantuan itu, pihaknya khususnya para sopir bisa sangat terbantukan.

“Terima kasih kepada pemerintah daerah utamanya kepada Pak Gubernur Rusli. di daerah lain belum tentu ada pemberian sembako kepada para pelaku usaha angkutan seperti ini,” ungkapnya.

Sedikitnya ada 460 sopir dan pelaku usaha angkutan darat yang menerima bantuan pangan bersubsidi ini. 460 penerima ini terdiri dari AKAP 188 orang dan ASUM termasuk PO dan mobil rental sebanyak 272 orang. (zhak/adv)