Dari Ajang IDF 2019, Gubernur: Gorontalo Terbuka dengan Investasi

Dari Ajang IDF 2019, Gubernur: Gorontalo Terbuka dengan Investasi

22/07/2019 21:33 0 By Alex

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama sejumlah kepala daerah saat mengikuti opening ceremony Indonesia Development Forum (IDF) 2019 di Jakarta Convention Center, Senin (22/7/2019).

Hulondalo.id – Kementerian PPN/Bappenas RI bekerjasama dengan Pemerintah Australia melalui Knowledge Sector Initiative (KSI) memprakarsai Indonesia Development Forum (IDF) 2019 yang digelar di Jakarta Convention Center, Senin (22/7/2019).

IDF 2019 yang mengundang 250 pembicara dari latar belakang industri di seluruh dunia ini mengangkat tema “Mission Possible: Seizing the Opportunities of Future Work to Drive Inclusive Growth” atau Misi yang Mungkinkan: Memanfaatkan Peluang Pekerja Masa Depan untuk Mendorong Pertumbuhan Inklusif, yang berfokus terhadap prioritas pemerintah Indonesia untuk sumber daya manusia beberapa tahun kedepan.

Pemerintah Provinsi Gorontalo yang diwakili langsung oleh Gubernur Rusli Habibie ikut serta dalam kegiatan yang digelar selama 2 hari itu. Menurut dia, Provinsi Gorontalo sangat terbuka dengan investasi. Bahkan, Gubernur Rusli Habibie berkomitmen untuk mempermudah regulasi, meningkatkan kualitas dan kemudahan berusaha yang bebas dari KKN.

“Seluruh pihak terkait harus menjaga stabilitas daerah agar tetap aman dan kondusif agar bisa menarik investor masuk ke Gorontalo. Masyarakat harus menerima investor dengan baik,” harap Gubernur Rusli Habibie di sela-sela kegiatan yang juga dihadiri Wakil Presiden RI Jusuf Kalla tersebut.

Terpisah, Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki tidak menampik jika forum diskusi ini sangat bermanfaat bagi daerah berkembang seperti Gorontalo. Menurutnya, dari pengalaman-pengalaman sebelumnya selalu ada saja info cerdas yang berhasil dibawa ke Gorontalo.

“Sangat banyak inovasi yang bisa dikembangkan di daerah,” tutur Budiyanto.

Ditambahkan Budiyanto Sidiki, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah mendorong Publik Privat Partnership (PPP) atau Kemitraan antara Pemerintah dan Badan Usaha selama 2 tahun terakhir dalam penyediaan infrastruktur di daerah untuk mendukung investasi.

“Di forum IDF 2019 ini apa saja yang akan di kembangkan? tadi bersama Gubernur sebelum acara dimulai, kita melihat stand mengenai pemanfaatan daun lontar. Nah, daun lontar itu banyak di Gorontalo. Ini salah satu contoh dari sekian banyak jenis sektor dan industri yang bisa dikembangkan di Gorontalo,” kata Budiyanto.(usman)