Dari Pasar sampai Kapal Perang, Vaksinasi Covid-19 Terus Digenjot

Dari Pasar sampai Kapal Perang, Vaksinasi Covid-19 Terus Digenjot

21/11/2021 16:07 0 By Syakir

Vaksinasi untuk lansia di Gorontalo Utara

Hulondalo.id – Sudah berbagai cara ditempuh pemerintah untuk mengajak warga ikut vaksinasi covid-19. Untuk menghilangkan kesan kaku, inovasi pun ditempuh termasuk mencari lokasi yang anti mainstream, biar vaksinasi menjadi lebih asyik.

Seperti yang dilakukan pemerintah Gorontalo Utara. Saat ini, capaian vaksinasi di daerah itu, untuk dosis pertama sudah 50,5% sedangkan dosis kedua, 30,2%. Meski masih jauh, namun pemerintah optimis bisa capai target di akhir 2021.

“tak hanya kami (pemerintah daerah) yang terlibat, berbagai institusi seperti TNI,Polri, Kejaksaan pun turun tangan. Bahkan, sejumlah pelaku UMKM ikut memberikan kontribusi,” papar Kadis Kesehatan, Gorontalo Utara Rizal Yusuf, Sabtu (21/11/2021).

Sampai sampai bisa dikata, pemberian vaksin pun tidak pilih pilih lokasi. Semua tempat keramaian disasar, salah satunya pasar pasar. Pedagang hingga pengunjung pun diarahkan untuk ikut vaksin.

“Terakhir kami melaksanakan vaksinasi di kapal perang milik angkatan laut. Nah hal ini diharapkan akan mempunyai daya tarik sendiri bagi masyarakat terutama remaja yang ingin berswafoto di sebuah kapal perang,” tambahya.

Sementara itu menambah penjelasan, Kepala Tata Usaha Puskesmas Atinggola Roslina Olii mengatakan, capaian vaksinasi di wilayah perbatasan Gorontalo dengan Sulut itu, dari 11.234 jiwa sasaran, 39,58% diantaranya sudah menjalani vaksin dosis pertama, dan 23,22% untuk dosis kedua.

Vaksinasi tidak lagi melulu menunggu di puskesmas, namun sudah langsung turun ke desa desa, dan tempat keramaian seperti pasar.

“Bahkan hari minggu vaksinasi dibuka dengan sasaran pedagang pasar dan masyarakat umum dan mendapat respon yang baik” imbuhnya. (**)