Data dan Kajian, Modal Perjuangkan Tapal Batas Gorut-Buol

Data dan Kajian, Modal Perjuangkan Tapal Batas Gorut-Buol

28/05/2021 17:00 0 By Syakir

Tapal batas Gorontalo Utara dengan Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah.

Hulondalo.id – Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu mengatakan, bakal menyiapkan data data dan kajian, untuk mendukung penentuan tapal batas antara Provinsi Gorontalo dengan Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah.

Bagi Thariq, sengketa tapal batas itu adalah persoalan antara dua provinsi, dan penyelesaiannya ada tingkatan gubernur kedua daerah serta kementrian dalam negeri.

Nah, pihaknya dari daerah hanya akan memberikan dukungan dalam hal data data hingga kajian, untuk mempertahankan tapal batas yang ada sekarang.

“Itu adalah sengketa provinsi. Maka akan ada pembicaraan dan diundang khusus Gubernur antara kedua daerah oleh Pihak Kementerian Dalam Negeri,” ungkap Thariq, Jumat (28/5/2021).

Dan pernyataan itu sudah sempat diungkap Thariq, saat rapat evaluasi percepatan penegasan tapal batas daerah dengan kementrian Dalam Negeri dan pemerintah Kabupaten Buol, Sulteng.

Diakui Thariq, persoalan penentuan tapal batas ini, sebenarnya tidak ada kendala berarti. Yang membuatnya berlarut larut, adalah masing masing pemerintah daerah ngotot dengan batas yang sudah ditentukan. (adv)