Debat Publik Cabup Gorontalo, Rasid Ingatkan Tak Ada Pertanyaan Menyerang Pribadi

Debat Publik Cabup Gorontalo, Rasid Ingatkan Tak Ada Pertanyaan Menyerang Pribadi

04/11/2020 20:14 0 By Maman

Rasid Sayiu

Ketua KPU Kabupaten Gorontalo, Rasid Sayiu.

Hulondalo.id – Ketua KPU Kabupaten Gorontalo, Rasid Sayiu mengingatkan agar, tak ada pertanyaan yang menyerang secara pribadi terhadap calon, dalam sesi tanya jawab pada pelaksanaan Debat Publik Cabup Gorontalo, yang akan dilaksanakan Kamis 5 November 2020.

“Sebelumnya, kami telah melakukan rapat koordinasi dengan paslon, tim penyusunan materi,  moderator, lembaga penyiaran publik, tim penghubung paslon serta kepolisian, bahwa yang ditanyakan pada debat publik hanya seputar visi dan misi serta program paslon,” kata Rasid.

Jika ada pertanyaan yang menyerang pribadi calon kata dia, maka moderator berhak memberhentikan pertanyaan tersebut.

“Nantinya moderator yang akan menilai apakah pertanyaan tersebut menyerang calon secara pribadi atau tidak, jika menyerang, maka moderator berhak menghentikan pertanyaan itu, dan calon tak wajib menjawabnya,” tandas Rasid.

Dijelaskan Rasid, pelaksanaan debat publik prinsipnya untuk menyampaikan visi dan misi serta program pasangan calon. Dengan harapan kata dia, masyarakat dapat mengetahui visi dan misi serta program dari masing-masing paslon.

“Kalau hanya saling memberikan pujian serta koreksi dan menilai masing-masing calon, sah-sah saja,   karena memang hal tersebut memperdalam visi dan misi serta program masing-masing paslon, ” ungkap Rasid.

Sesuai rencana, Debat Publik ini akan dilaksanakan Gedung Dinar, Limboto Kabupaten Gorontalo.  Agenda ini akan disiarkan melalui Live Stream laman Facebook KPU Kabupaten Gorontalo, televisi serta radio lokal, pukul 19.30 WITA. (Opin)