Demo di DPRD Bonebol, AMPL Minta Selesaikan Soal Batu Hitam

Demo di DPRD Bonebol, AMPL Minta Selesaikan Soal Batu Hitam

15/11/2021 15:58 0 By Jeffry

Demo soal batu hitam yang digelar oleh AMPL dan diterima oleh sejumlah aleg. (F. Jeff)

Hulondalo.id – Puluhan massa aksi yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Pencinta Lingkungan (AMPL) menggelar aksi di halaman DPRD Bone Bolango, Senin (15/11/2021).

Dalam orasi yang disampaikan massa aksi meminta pihak DPRD Bonebol untuk menyelesaikan permasalahan aktivitas pertambangan batu hitam.

Pasalnya, mereka menilai pihak Pemda Bonebol tidak serius menangani permasalahan tersebut yang sampai sekarang tidak ada tindak lanjutnya.

“Kami meminta Pemda Bonebol segera mengambil sikap, karena aktivitas batu hitam ini sudah meresahkan masyarakat,” ujar Koordinator aksi Ardin Batawea.

Pihaknya juga memastikan terkait batu hitam ini akan terus dikawal hingga permasalah tersebut menemui titik terang. Sebab, mereka menduga aktivitas batu hitam tersebut banyak kejanggalan. Baik dari aktivitas pertambangan, izin dan mafia-mafia yang mengeruk keuntungan dari pertambangan.

“Gerakan ini kami lakukan untuk mencari upaya solutif bagi masyarakat. Karena jangan sampai aktivitas itu justru memberikan dampak lingkungan bagi masyarakat,” ujarnya.

Pihaknya pun meminta, agar DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat dapat memfasilitasi tuntutan tersebut melalui Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara pihak Pemda dan Forkopimda.

“Jadi, DPRD hanya memfasilitasi, biarkan kami yang akan berbicara dengan pihak Pemda dan Forkopimda, dan menuntut mafia yang mengeruk keuntungan dari pertambangan batu hitam,” imbuhnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Bonebol yang diwakili oleh Amran Mustapa, Kennedy Maele dan Nurdin Wartabone menerima dan mengajak massa aksi untuk berdiskusi.

“Aspirasi ini kita terima, dan akan dilaporkan ke pimpinan. Terkait kapan dijadwalkan RDP tersebut, menunggu info selanjutnya dari pimpinan, ” imbuh Amran kepada massa aksi.(Jeff)