Demonstran Desak Tutup Tambang Ilegal Pohuwato dan Usut Mafia Tambang

Demonstran Desak Tutup Tambang Ilegal Pohuwato dan Usut Mafia Tambang

24/09/2020 20:10 0 By Syakir

Aksi Gerakan Pemuda dan Rakyat Peduli Gorontalo, menuntut penutupan aktivitas tambang ilegal di Kabupaten Pohuwato, Kamis (24/9/2020).

Hulondalo.id – Menggelar aksi di depan Mapolda Gorontalo dan kantor DPRD Provinsi, massa aksi yang menamai diri Gerakan Pemuda dan Rakyat Peduli Gorontalo, mendesak aparat hukum menutup aktivitas tambang ilegal di Kabupaten Pohuwato yang dituding menjadi penyebab bencana alam.

Dalam orasinya, koordinator lapangan (Korlap) aksi Paris Jafar, mengungkap empat tuntutan. Pertama, meminta pemerintah untuk menutup dan menghentikan penambangan liar di Kabupaten Pohuwato.

Kedua, menindak tegas oknum aparat yang terlibat dalam mafia pertambangan. Ketiga, mengusut tuntas pemukulan terhadap Kapolsek Popayato Barat, dan keempat meminta Kapolda Gorontalo mencopot Kapolres Pohuwato yang dituding melakukan pembiaran terhadap aktivitas tambang ilegal,

“Kami sebagai reprensetatif masyarakat merasa resah atas penambangan illegal yang menggunakan alat berat yang ada di Kabupaten Pohuwato, sehingga menyebabkan banjir bandang baru-baru ini”, ungkap Paris, Kamis (24/9/2020).

Menanggapi hal ini, anggota DPRD Provinsi Gorontalo Adhan Dambea menyampaikan, segera memberikan rekomendasi untuk menindaklanjuti permasalahan ini, serta tindak tegas bagi oknum–oknum yang menyerang polsek tersebut apapun alasannya, pungkasnya. (Rinto)