Desa dengan Partisipasi Pemilih Pilkada Tertinggi Dapat Penghargaan Bawaslu RI

Desa dengan Partisipasi Pemilih Pilkada Tertinggi Dapat Penghargaan Bawaslu RI

16/10/2020 22:22 0 By Alex

Bawaslu RI

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat menerima kunjungan Sekjen Bawaslu RI Gunawan Suswantoro, Jumat (16/10/2020).

Hulondalo.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI bakal memberikan penghargaan kepada desa-desa yang memiliki partisipasi jumlah partisipasi tertinggi di atas 80% dalam Pilkada Serentak nanti.

“Desa-desa tertinggi capaiannya akan dibuatkan tugu sebagai Desa Demokrasi dengan catatan sesuai protokol Covid-19 supaya kita tetap sehat dan selamat,” ujar Sekjen Bawaslu RI, Gunawan Suswantoro usai bertemu Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Jumat (16/10/2020).

Gunawan berharap gagasan Lomba Desa Demokrasi itu bisa ditindaklanjuti di tingkat Bawaslu serta KPU provinsi dan kabupaten pelaksana Pilkada Serentak.

“Masyarakat dan aparat desa perlu terus dimotivasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hak pilih di pilkada. Apalagi saat ini sedang pandemi virus corona,” tambah Gunawan.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pun menyambut baik gagasan tersebut. Bahkan, pihaknya pun saat ini diberikan target oleh Menteri Dalam Negeri (Mandagri) untuk sukses Pilkada di atas 80%.

Bahkan menurut Rusli, target tersebut kian menantang karena dibarengi dengan Pilkada yang aman dan sehat dari potensi penularan Covid-19.

“Itu ide yang bagus sebagai stimulus bagi aparat di lapangan. Silahkan dibahas di tingkat Bawaslu maupun KPU provinsi dan kabupaten. Jika perlu TPS yang partisipasinya 100% dengan penerapan protokol Kesehatan ikut diberi penghargaan,” kata Rusli.

Data KPU Provinsi Gorontalo menyebut, saat ini ada 501.710 Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan tersebar di 1.467 TPS di 3 daerah yang akan melaksanakan Pilkada Serentak, masing-masing Pohuwato 102.540 orang, Kabupaten Gorontalo 283.603 orang dan Bone Bolango 115.567 orang.(adv/alex)