Desa Kendalbulur Tulungagung, Desa Digital Pertama di Jawa Timur

Desa Kendalbulur Tulungagung, Desa Digital Pertama di Jawa Timur

29/10/2020 21:33 0 By Maman

Kades Kendalbulur Anang Mustofa (tengah) bersama Bupati Tulungagung Maryoto Birowo dan Menteri Desa PDTT RI Abdul Halim Iskandar. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Desa Kendalbulur Kecamatan Boyongalu Tulungagung, menjadi desa digital pertama di Provinsi Jawa Timur. Kamis (29/10/2020) Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar melaunching desa ini dalam Program Digitalisasi Desa.

Kepala Desa Kendalbulur, Anang Mustofa mengatakan, aplikasi yang digunakan untuk digitalisasi desa itu adalah simpel desa, milik salah satu pengembang aplikasi yang memiliki legalitas kerjasama dengan PT. Telkom Indonesia.

Yang membedakan aplikasi ini dengan lainnya kata dia, akunnya tidak bisa dihack dan tidak bisa registrasi dengan akun palsu.

“Sebab, verifikasi akunnya menggunakan NIK dan mengisi identitas lengkap, jadi kalau bukan warga Desa Kendalbulur tidak bisa mengakses ini,” jelas Anang.

Aplikasi yang digunakan kata dia juga, menyediakan fasilitas ruang interaksi sosial dan terhubung dengan koneksi webdes atau dashboard pemerintah desa. Sehingga, permintaan pelayanan administrasi surat menyurat langsung terkoneksi dengan komputer yang ada di Balai Desa.

Tak hanya, aplikasi ini juga terhubung dengan web Kades. Dan, jika ada warga menyampaikan aspirasi, akan terhubung dengan web BPD dan Web Bidan Desa, maupun perawat desa jika ada warga yang ingin konsuklasi kesehatan.

“Ada banyak jendela dalam aplikasi ini, sehingga warga bisa mendapat pelayanan dengan cepat.” jelasnya.

Bahkan dan ini lebih utama, aplikasi ini dilengkapi dengan marketplace atau pasar desa yang bisa digunakan warga untuk memposting produk-produk desa Kendalbulur baik produk pertanian, kuliner, dan kerajinan tangan.

Marketplace itu terhubung dengan desa-desa lain yang sama-sama menggunakan aplikasi serupa di seluruh Indonesia.

Anang juga mengungkapkan, desa yang sudah menggunakan aplikasi ini di Provinsi Jawa Barat ada di Karanganyar dan di Jawa Timur adalah Desa Kendalbulur. (Sururi)