Desa Ngaglik Kabupaten Blitar Pilot Projects Program Kota Tanpa Kumuh

Desa Ngaglik Kabupaten Blitar Pilot Projects Program Kota Tanpa Kumuh

09/08/2020 17:07 0 By Maman

Bupati Blitar, Drs. Rijanto memberikan sambutan dalam acara peresmian Program KOTAKU di Desa Ngaglik. (foto:istimewa)

Hulondalo.id (Blitar) – Desa Ngaglik Kecamatan Sanan Kulon Kabupaten Blitar, menjadi pilot project pada program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Program ini yang diresmikan Bupati Blitar, Drs. Rijanto ini, untuk mempercepat penanganan pemukiman kumuh di Indonesia.

Minggu (9/8/2020), Bupati mengatakan, program KOTAKU ini diantara upaya strategis dari Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI. Motivasi dan peran serta seluruh elemen masyarakat kata Bupati, khususnya masyarakat Desa Ngaglik dan Pemkab Blitar, berupaya agar kegiatan ini berdayaguna.

Bupati juga mengatakan, program ini mendukung arah kebijakan pembangunan daerah, yang  meliputi sistem, memfasilitasi pemerintah daerah, dan memfasilitasi komunitas, untuk menangani daerah kumuh melalui peningkatan peran pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat.

“Saya datang kesini jadi pangling, sekarang rumah, jalan-jalan lingkungan menjadi bersih, warganya juga ramah-ramah, jalan sudah tertata rapi dengan adanya troatoar dan bunga hias di kanan kirinya,” kata Bupati.

Kondisi ini kata Bupati, harus bersama-sama dipertahankan, menjadi yang terbaik dan contoh bagi wilayah, desa atau kelurahan lain.

“Agar percepatan pembangunan benar-benar dapat dirasakan di Kabupaten Blitar yang kita cintai ini,” ungkapnya. (Anang)