Desa Pontolo Terapkan Sistem Informasi Administrasi, Wabup Gagas Rakor Digital

Desa Pontolo Terapkan Sistem Informasi Administrasi, Wabup Gagas Rakor Digital

11/10/2020 21:48 0 By Maman

Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu saat melihat langsung aplikasi sistem informasi desa digital. (foto:hms)

Hulondalo.id – Sistem Informasi Administrasi di Desa Pontolo Kecamatan Kwandang kini diterapkan secara digital. Selain mendapat apresiasi dari Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, ada gagasan rakor secara digital di desa itu.

Wabup mengungkapkan, sistem informasi desa memang menjadi salah satu program atau kebijakan daerah dibidang Gorontalo Utara Digital Village. Desa-desa kata dia, mulai berbenah diri untuk menyiapkan sistem informasi. Dan ini yang diharapkan oleh pemerintah daerah.

“Alhamdulillah saya senang, bahwa sistem yang dipakai ini adalah sistem data berbasis spasial, artinya, seluruh ruang-ruang di desa itu dipetakan berdasarkan data sesuai kebutuhan,” kata Wabup di Desa Pontolo saat melihat sistem informasi desa Pontolo, Jum’at (9/10/2020).

Data tersebut misalnya, kependudukan, UMKM, penerima bantuan. Support kata Wabup, pasti diberikan. Yang terpenting kata Wabup, memiliki jaminan sistem yang mudah, bisa dikoneksikan dengan sistem informasi lainnya yang ada di daerah.

Wabup juga meminta, agar data dalam sistem tersebut, benar-benar valid. Sebab, data yang terekam secara digital, mudah diakses dan mudah di sharing kepada pengguna atau sistem yang lain. Juga mengikuti Permendagri tentang administrasi desa yang mencakup 24 buku desa.

Wabup menambahkan, setelah sistem informasi desa yang ada di Desa Pontolo itu selesai, maka akan dilaksanakan rakor digital.

“Kemarin rakor tanah secara manual, sekarang untuk administrasi desa, kita ingin rakor digital di desa ini,” pungkasnya. (Prin/Adv)