Desa Rejoagung Terbuka dengan Investor, Ini Syaratnya

Desa Rejoagung Terbuka dengan Investor, Ini Syaratnya

28/08/2020 21:29 0 By Maman

Tokoh masyarakat Desa Rejoagung, Totok.

Hulondalo.id – Warga di Desa Rejoagung Kecamatan Kedungwaru Tulungagung, terbuka dengan masuknya investor. Hanya saja, terpenting yang diharapkan dan menjadi syarat, selain telah memenuhi aturan dan ketentuan yang berlaku, juga perlu dilakukan sosialisasi dengan melibatkan masyarakat sekitar.

Salah seorang tokoh masyarakat Desa Rejoagung, Totok mengatakan, dalam sosialisasi pendirian perusahaan pemecah batu di desa yang sama, terungkap bahwa perusahaan belum memiliki ijin dari dinas terkait.

Pertemuan itu sendiri, berjalan cukup alot. Totok juga mengatakan, belum ada kesepakatan antara perusahaan dengan warga. Totok juga menegaskan bahwa, warga Rejoagung menyambut adanya investor. Syaratnya sederhana, libatkan warga sekitar.

“Warga disekitar berdirinya perusahaan itu, tidak pernah diajak koordinasi, ini menimbulkan keresahan,” kata Totok.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Rejoagung, Mukaji mengatakan, sosialisasi adalah permintaan Pemerintah Desa kepada investor, agar koordinasi antara Pemdes dan Warga berjalan baik. Dan menurutnya, ini adalah salah satu upaya keterbukaan dalam menjalankan pemerintahan.

“Saya mengundang perusahaan untuk melakukan sosialisasi, agar tidak terjadi miss komunikasi antara Pemdes dengan masyarakat, pemdes sangat terbuka dan tidak menghalangi adanya investor yang masuk, asalkan semua prosesnya sesuai dengan prosedur,” ujar Mukaji.

Sementara itu, Camat Kedungwaru, Hari Prastijo mengaku, belum melihat secara detail profil dari perusahaan yang akan berdiri di Desa Rejoagung. Kehadiran investor kata dia, semoga bisa memutar roda perekonomian masyarakat desa Rejoagung, membuka lapangan kerja baru, serta menambah PADesa.

“Untuk menjaga suasana kondusif, sosialisasi memang wajib dilaksanakan.” pungkasnya. (MO)