Desa Wisata Olele Gorontalo Akan Segera Punya Masjid Terapung

Desa Wisata Olele Gorontalo Akan Segera Punya Masjid Terapung

02/08/2020 08:51 0 By Alex
Desa Wisata Olele

Kunjungan peninjauan lokasi masjid terapung di Desa Wisata Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Hulondalo.id – Siapa yang tidak kenal dengan desa wisata Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo?

Ya, keindahan desa wisata bahari itu akan dipercantik dengan keberadaan masjid terapung yang diprakarsai oleh Dinas Pariwisata dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo.

Tujuan pembangunan masjid terapung ini tidak lain adalah untuk melengkapi sisi lain filosofi Gorontalo sebagai Serambi Madinah, memperindah dan mempercantik obyek wisata Olele dengan spot masjid sebagai manuskrip masjid apung.

Jika tak ada aral melintang, rencananya pembangunan masjid terapung di Desa Wisata Olele tersebut akan dimulai pada 2020-2021 mendatang dengan mengandalkan APBD dan dana swadaya dari masyarakat.

“Masjid terapung ini memiliki keunikan tersendiri karena berada di kawasan wisata bahari Olele yang telah mendunia. Setiap tahunnya banyak wisatawan dari berbagai belahan dunia melakukan penyelaman di taman laut ini. Bahkan banyak di antara mereka yang berulang kali menyelam untuk mengeksplorasi pesona Olele,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Rifli Katili.

Keunikan masjid, kata Rifli, akan benar-benar terlihat terapung saat air laut pasang. Dengan keindahan taman laut Olele yang memesona para wisatawan semakin khusyuk beribadah dengan deburan ombak dan embusan angin.

Sementara itu, Asisten II Setda Provinsi Gorontalo, Sutan Rusdi pun mengingatkan, pembangunan masjid terapung tersebut harus memperhatikan ruang taman laut dan tidak mempersempit lokasi snorkling dan diving.

“Pembangunan masjid di lokasi konservasi harus memperhatikan perda RZWP3K (Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil) yang harus dipenuhi sebelum melakukan pembangunan sehingga tidak bermasalah di kemudian hari,” kata Sutan.

Sebelumnya, pihak Pemerintah Provinsi Gorontalo yang diwakili Asisten II Sutan Rusdi, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Biro Pengendalian dan Pembangunan Ekonomi (P2E), Kepala Biro Unit Layanan Pengadaan (ULP), Dinas PUPR, Dinas Pariwisata Bone Bolango dan Pemerintah Desa Olele telah meninjau lokasi pembangunan masjid terapung, Kamis (30/7/2020).

Kegiatan itu dilakukan untuk melengkapi data koordinat, bentang alam dan rencana rancang bangun masjid terapung. Dengan keberadaan masjid terapung ini, harapan pemerintah agar kedepan dapat menambah kunjungan wisatawan ke objek wisata Olele.(adv/alex)