Di Banggai Sulteng, KPU ‘Coret’ Calon Petahana

Di Banggai Sulteng, KPU ‘Coret’ Calon Petahana

23/09/2020 22:53 0 By Syakir

(Petahana di Pilkada Banggai) Herwin Yatim – Mustar Labolo (sumber; banggaikab.go.id) 

Hulondalo.id – Walaupun kuat, calon petahana adalah yang paling rentan di pilkada. Mutasi ataupun melantik pejabat yang biasa dilakukan pun bisa berbuah petaka. Inilah yang dialami oleh pasangan Herwin Yatim – Mustar Labolo yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh KPU Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), pada penetapan calon, Rabu (23/9/2020).

KPU menyatakan calon yang didukung PDIP, PKS dan Perindo ini sebagai bakal pasangan calon yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS), sebagaimana yang tertuang dalam surat keputusan KPU Banggai No :50/PL.02.3-Kpt/7201/KPU-Kab/IX/2020, seperti dilansir dari newsnesia.id

Pada penetapan pasangan calon tersebut, dua bakal calon lainnya ditetapkan memenuhi syarat, masing-masing pasangan calon Amirudin – Furqanudin yang didukung Golkar, Nasdem, Hanura dan PKB dan pasangan calon Sulianti Murad – Zainal Abidin yang didukung Gerindra dan PAN.

Informasi yang diperoleh, pasangan berjuluk WinStar itu TMS berdasar rekomendasi Bawaslu Banggai, akibat pelanggaran berupa pelantikan pejabat yang dilakukan 6 bulan sebelum masuk tahapan pilkada.

Sementara itu, Walaupun sudah dicoret, pasangan petahana Herwin Yatim – Mustar Labolo belum patah arang. Rencananya lewat penasehat hukum, mereka akan melayangkan gugatan ke PTUN terkait putusan KPUD Banggai. Dan jika gugatan WinStar ini diterima PTUN, maka mereka optimis akan lolos dalam pencalonan pilkada di Kabupaten Banggai. (zhk)