Di Jawa Barat, Erwinsyah: Warga Gotong Royong Bangun Bantuan Mahyani

Di Jawa Barat, Erwinsyah: Warga Gotong Royong Bangun Bantuan Mahyani

15/02/2020 08:16 0 By Maman

Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo melakukan kunjungan kerja di Provinsi Jawa Barat terkait program pembangunan Mahyani, Jumat (14/2/2020). Rombongan di terima Pemprov Jawa Barat, Kabid Perumahan Ir. Muh. Eko D, MT Dinas Perkim.

Hulondalo.id – Di Provinsi Jawa Barat, pembangunan Rumah Layak Huni (Mahyani), dikerjakan secara gotong royong bersama masyarakat sekitar penerima bantuan. Banyak hal bisa ditiru Provinsi Gorontalo, terkait program mahyani ini.

Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo Erwinsyah Ismail mengatakan, banyak hal didiskusikan dalam pertemuan dengan Pemprov Jawa Barat, termasuk terobosan dan kiat-kiat yang dilakukan Pemprov Jawa Barat dalam melaksanakan program Mahyani.

Bahkan kata dia, tak menutup kemungkinan hal itu bisa diterapkan di Provinsi Gorontalo.

Diantaranya, realisasi program mahyani yang dilakukan Pemprov Jawa Barat, pada proses pekerjaaannya melibatkan masyarakat sekitar dan dikerjakan secara gotong royong.

Erwinsyah juga mengatakan, ada perbedaan istilah dalam program ini. Jika di Provinsi Gorontalo dikenal dengan sebutan mahyani. Di Provinsi Jawa Barat, lebih dikenal dengan program Rumah Tidak Layak Huni atau RUTILAHU.

“Setiap tahun, hampir 11.000 rumah yang dikerjakan oleh Dinas Perkim,” kata Erwinsyah, Jum’at (14/2/2020).

Sumber pembiayaannya beragam, selain dibiayai oleh APBD. Ada APBN, dana CSR perusahaan, serta dana yayasan yang bergerak di program rumah tidak layak huni.

Politisi muda Partai Demokrat ini mengungkapkan, dari hasil pertemuan tersebut banyak ilmu yang diperoleh untuk dikembangkan di Provinsi Gorontalo, seperti pemanfaatan bambu yang kemudian di semen untuk jadikan tembok.

“Banyak ilmu dan wawasan yang kami peroleh dalam konsultasi ini, dan semoga dapat di terapkan di Provinsi Gorontalo,” tutur putra dari mantan Gubernur Gorontalo ini. (Rinto/Adv)