Di Pohuwato, Perempuan Pencari Nafkah Dibantu Modal Usaha

Di Pohuwato, Perempuan Pencari Nafkah Dibantu Modal Usaha

06/04/2020 18:59 1 By Yadin

Penyerahan bantuan PEKKA oleh Dinas P3AP2KB Pohuwato.

Hulondalo.id – Sedikitnya, ada 3.893 perempuan di Kabupaten Pohuwato yang menjadi kepala keluarga atau pencari nafkah.

Nah tahun ini, Pemerintah Kabupaten Pohuwato akan memberi perhatian kepada mereka yang masuk dalam kategori Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) lewat penguatan modal usaha berupa kios, pembuat kue, penjual nasi kuning, serta tukang cuci kain dan setrika.

Bantuan itu diberikan oleh Dinas P3AP2KB Pohuwato melalui Bidang Pemberdayaan Perempuan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan, Sry Marlina Mursalin mengatakan, mekanisme penyalurannya adalah diserahkan langsung kepada yang bersangkutan tanpa perantara dan didampingi pemerintah kecamatan dan desa setempat.

“Bantuan usaha bagi PEKKA ini diserahkan dalam bentuk bahan. Alhamdulillah semua berjalan lancar dan semua telah selesai diserahkan,” tuturnya.

Plt. Kepala DP3AP2KB, Rusmiyati Pakaya ikut menjelaskan, pihaknya menerima data langsung dari desa sumber data PEKKA.
Berdasarkan data yang diperoleh di tahun 2019 jumlah PEKKA sebanyak 3.893 orang.

Adapun yang masuk kategori PEKKA kata Rusmiyati adalah yang ditinggal mati oleh suami, cerai hidup, suami sakit sehingga pencari nafkah adalah perempuan, kemudian ditinggal merantau dalam waktu yang lama atau penghasilan suami tidak jelas/sudah tidak dinafkahi).

“Empat kriteria inilah yang menjadi dasar bagi kami di DP3AP2KB, tapi semua adalah data dari desa, dan ini merupakan salah satu program inovasi pemerintah daerah melalui DP3AP2KB dalam rangka penguatan ekonomi perempuan,” jelas Rusmiyati sembari menambahkan, bantuan telah disalurkan karena mereka ikut merasakan dampak wabah Covid-19. (yadin/adv)