Di Tolinggula, 50 Pasutri Ikuti Itsbat Nikah

Di Tolinggula, 50 Pasutri Ikuti Itsbat Nikah

19/09/2019 10:20 0 By Maman

Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin menyerahkan buku nikah kepada pasutri yang mengikuti Itsbat Nikah di Tolinggula. (hms)

Hulondalo.id- 50 pasangan suami istri (pasutri) di Kecamatan Tolinggula, mengikuti itsbat nikah yang digelar Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara kerjasama dengan Kementerian Agama dan Pengadilan Agama.

Itsbat nikah ini kata Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin, bentuk keseriusan pihaknya terhadap pasutri yang belum memiliki buku nikah. Itsbat nikah yang digelar di Kecamatan Tolinggula ini, juga merupakan yang kedua kalinya.

“Ada 50 pasutri yang mengikuit itsbat nikah ini, kami menggelarnya secara bergilir di kecamatan, sehingga diberi nama itsbat nikah mobile,” kata Ridwan, Rabu dalam acara yang digelar (18/9/2019) dan dihadiri Wakil ketua Pengadilan Tinggi Agama Provinsi Gorontalo dan Kepala Kantor Kementrian Agama Gorontalo Utara.

Itsbat nikah tersebut, sebelumnya cerita Ridwan dalam acara tersebut, merupakan proyek perubahan yang disusunnya saat mengikuti Diklat PIM II. Kala itu, Panglima ASN Gorontalo Utara ini, masih menjabat Kepala Biro Hukum Pemprov Gorontalo.

“Data yang kami himpun saat itu, ada 27 ribu pasutri se Gorontalo, belum punya buku nikah,” ungkap Sekda.

Ridwan berharap, sejak sekarang dan dimasa mendatang angka itu bisa turun. Apalagi kata dia, itsbat nikah ini mendapat perhatian dari luar daerah. Studi banding pernah dilakukan tiga daerah ke Gorontalo, setelah program ini dipaparkan di Mahkamah Agung RI.

Ridwan juga mengatakan, Gorontalo Utara merupakan daerah kedua yang menggelar itsbat nikah. Sebelumnya, sudah dilakukan di Kabupaten Bone Bolango. (man/adv)