Dialog Kebangsaan PDI-P Boalemo Heboh, Eka Putra Tanamkan Jiwa Patriotik

Dialog Kebangsaan PDI-P Boalemo Heboh, Eka Putra Tanamkan Jiwa Patriotik

28/08/2020 09:56 0 By Editor

Ketua DPC PDI-P Boalemo, Karyawan Eka Putra Noho bersama sejumlah narasumber dalam dialog kebangsaan bertempat di Graha Putra Tunggal, Kamis (27/8/2020).(f.istimewa)

Hulondalo.id – Meski di Boalemo tak ada hajatan politik layaknya di tiga daerah Provinsi Gorontalo, namun geliat konsolidasi di tubuh DPC PDI-P Boalemo justru semakin mengemuka.

Buktinya, selain membentuk komposisi anak ranting di tingkat dusun, Partai besutan Megawati Soekarno Putri dibawah nahkoda Karyawan Eka Putra Noho malah menggagas dialog kebangsaan bertempat di Graha Putra Tunggal, Kamis (27/8/2020).

Tak tanggung-tanggung, geliat ditempuh DPC PDI-P ini perlahan memunculkan beragam spekulasi banyak kalangan. Misalnya, soal asumsi yang dikait-kaitkan panggung politik di Boalemo mendatang.

Padahal, Ketua DPC PDI-P Boalemo, Karyawan Eka Putra Noho sepanjang dialog terbuka itu tak pernah menyentil sedikitpun hajatan politik akan datang.

Sebaliknya, ia lebih menekankan soal konseptual 4 pilar kebangsaan dan implementasinya. Yakni berpegang teguh pada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.

Tak hanya itu, Eka begitu sapaan akrabnya, justru membakar jiwa patriotik para kader-kader militan dan peserta dialog. Serta menanamkan nilai-nilai gotong royong membela hak-hak rakyat sebagaimana termaktub dalam ideologi Pancasila dan cita-cita perjuangan Bapak Proklamator Republik Indonesia, Ir. Soekarno.

Disamping itu, ia pun meneguhkan rasa kecintaan atas kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan menjaga keutuhan kekeluargaan dan rasa persatuan yang kokoh. Dengan tidak membeda-bedakan suku, ras, bahasa maupun agama.

“Untuk itu, saya menitipkan amanah kepada seluruh kader-kader militan dan terbaik PDI-P Boalemo tidak mudah retak dan terpengaruh isu perpecahan. Karena, tantangan kita saat ini bukan lagi melawan penjajah, melainkan bangsa sendiri. Sebagaimana dikhawatirkan Bapak Proklamtor RI, Ir. Soekarno,” kata Eka dalam pidato membuka dialog.

Lebih jauh, Ketua DPRD Boalemo ini mengupas soal 3 pilar partai kian terbangun dengan baik di Kabupaten Boalemo. Yakni, pilar pertama adanya kedudukan struktural partai yang solid secara berjenjang dari tingkat anak ranting.

Pilar kedua, terciptanya sinergi yang baik di tubuh fraksi DPRD Boalemo, serta pilar ketiga adanya kedeudukan kader terbaik partai sebagai pelaksana nawacita program di tingkat eksekutif. Ya, kader dimaksud tak lain adalah Bupati Boalemo, Darwis Moridu.

Sementara, para peserta dialog mengangkat tema 4 Pilar Kebangsaan ini mulai dari fungsionaris DPC, PAC, Organisasi Sayap PDI-P, pengurus anak ranting hingga kalangan mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Boalemo. Sedangkan, pemateri menghadirkan tokoh-tokoh handal seperti anggota DPD PDI-P Gorontalo, Amran Mustapa juga anggota DPRD Bone Bolango 4 periode, Kakan Kesbangbol Boalemo Ruslin Limalo serta tokoh akademisi Boalemo. (Narto)