Difasilitasi PT GSM, Petani Buntulia Dilatih Penangkaran Benih Padi Sawah

Difasilitasi PT GSM, Petani Buntulia Dilatih Penangkaran Benih Padi Sawah

16/06/2021 17:50 0 By Syakir

Bupati Saipul Mbuinga menyerahkan benih bantuan PT GSM kepada petani, Rabu (16/6/2021).

Hulondalo.id – Sedikitnya ada 20 petani di Kecamatan Buntulia, Pohuwato mendapat pelatihan penangkaran benih padi sawah yang difasilitasi oleh PT GSM (Gorontalo Sejahtera Mining).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Saipul Mbuinga dan turut dihadiri oleh Kepala BPSB (Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih) Provinsi Gorontalo, Ir. Nurbaya Gani, M.Si, Rabu (16/6/2021).

Pelatihan ini mendapat apresiasi dari Bupati Saipul. Kata Bupati, pelatihan ini berkaitan dengan visi-misi pemerintahannya dalam hal ini sektor pertanian demi masyarakat Pohuwato yang sehat, maju dan sejahtera.

“Terima kasih dari pihak GSM dan BPSB yang hadir pada hari ini, yang insya Allah tujuan kita kedepan bagaimana dapat menjadikan pertanian di Pohuwato sebagai lumbung pangan di Provinsi Gorontalo,” ujar Saipul.

Senada, apresiasi juga disampaikan oleh Kepala BPSB Gorontalo. Menurut Nurbaya Gani, lewat pelatihan ini semoga kedepan bisa mengatasi kebutuhan benih di daerah. Karena selama ini katanya, benih yang masuk ke Provinsi Gorontalo kurang lebih 600 Ton, itu pun masih belum mencukupi.

“Dengan adanya kegiatan ini sangat diharapkan bisa menambah kebutuhan benih yang ada di Provinsi Gorontalo,” pinta Nurbaya.

Rivai selaku penanggung jawab CSR PT GSM menuturkan, untuk tahap awal ada 20 petani yang difasilitasi mengikuti pelatihan penangkaran benih padi sawah. Ini pun sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) atau CSR.

“Untuk tahap awal ada 20 orang. Nanti ke depan ada penambahan lagi,” kata Rivai.

Adapun tema kegiatan ini yaitu, membangun kemitraan antara perusahaan dengan masyarakat lingkar tambang, sebagai perwujudan tanggung jawab ekonomi, sosial dan lingkungan serta berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan. (yadin/adv)