Digelar Virtual, UNG Tuan Rumah Konferensi Internasional Kesusasteraan ke-29 

Digelar Virtual, UNG Tuan Rumah Konferensi Internasional Kesusasteraan ke-29 

19/11/2020 21:26 0 By Jeffry

Pelaksanaan Konferensi Internasional Kesusasteraan ke 29 menunjuk UNG sebagai tuan rumah yang digelar secara virtual.

Hulondalo.id – Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bersama Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI) menggelar Konferensi Internasional Kesusasteraan ke-29.

Event yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh HISKI itu mengangkat tema sastra, pariwisata dan pendidikan multicultural di era revolusi industri 4.0 dengan menunjuk Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sebagai tuan rumah.

Namun, berbeda dengan sebelumnya, pelaksanaan Konferensi Internasional Kesusasteraan tahun ini digelar secara virtual.

“Tahun ini, Gorontalo mendapat kepercayaan sebagai pelaksana dan diagendakan pelaksanaan akan mengundang peserta dari seluruh Indonesia. Akan tetapi karena kondisi pandemi Covid-19 pelaksanaan konferensi diubah secara daring,” kata Ketua Panitia Herman Didipu.

Adapun tema yang menjadi topik pembahasan kata dia dilihat dari potensi dan prospek yang ada di daerah dengan tetap memiliki kaitan antara kombinasi sastra dan budaya.

“Tema ini sengaja diangkat karena melihat potensi dan prospek yang kaitannya bisa menjadi pemantik bagi pengembangan pariwisata di Gorontalo,” urai Herman.

Sementara itu Rektor UNG, Eduart Wolok saat membuka kegiatan menilai tema yang diangkat pada Konferensi itu menjadi media pengembangan yang tidak hanya kebudayaan saja. Namun juga sastra dalam kaitannya dengan pariwisata di kawasan Teluk Tomini.

“Diharapkan ada konsep-konsep terbaru tidak hanya masalah sastra dan budaya yang berkembang dalam konferensi ini, namun juga bagaimana sastra dan budaya dikaitkan bisa mengembangkan pariwisata khususnya di Gorontalo,” harap Rektor. (Man)