Digital Entrepreneurship Academy, Walikota: UMKM Harus Manfaatkan Teknologi Informasi

Digital Entrepreneurship Academy, Walikota: UMKM Harus Manfaatkan Teknologi Informasi

03/06/2021 14:17 0 By Maman

Pelatihan DEA UMKM Kota Gorontalo

Walikota Gorontalo, Marten Taha membuka Digital Entrepreneur Academy (DEA). (foto:hms)

Hulondalo.id – Walikota Gorontalo, Marten Taha meminta, pelaku UMKM di Kota Gorontalo harus memanfaatkan teknologi informasi yang saat ini berkembang.

Saat memaparkan pandangan pada pelatihan Digital Entrepreneur Academy (DEA), Walikota mengatakan, saat ini pelaku usaha tak ada lagi menggunakan cara konvensional. Sebab, persaingan teknologi semakin ketat yang didukung dengan jangkauan pemasaran semakin luas.

“Sehingga, proses transformasi digital UMKM ini sangat penting untuk pengembangan usaha masyarakat di Gorontalo akan datang,” kata Walikota, Kamis (3/6/2021).

Pelatihan ini kata Walikota, diprioritaskan kepada pelaku UMKM. Apalagi kata dia, perekonomian di Kota Gorontalo digerakkan oleh sektor jasa dan perdagangan. Maka dari kedua sektor ini bisa berkembang, tentu pergerakan ekonomi diera digitalisasi mendatang.

“Kominfo dalam merealisasikan langkah strategis percepatan transformasi digital yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo, mulai dari pencepatan akses, pembuatan roadmap, penyediaan regulasi dan terakhir menciptakan SDM talenta digital untuk lebih maju,” ungkapnya.

“Agar program saya yang menaikkan dari kelas mikro ke kecil hingga menengah akan lebih mudah, karena pelaku usaha dibekali dengan digitalisasi UMKM itu sendri,” sambungnya.

Marten menambahkan, Kota Gorontalo menjadi pilihan dari Kementerian Informasi dan komunikasi Republik Indonesia dari 55 Kota se Indonesia, dalam melaksanakan pelatihan bagi para pelaku-pelaku usaha ini.

Di Kota Gorontalo lebih dari 95% usaha adalah pelaku-pelaku mikro kecil dan menengah.

“Kami berterimakasih kepada Kominfo RI yang telah menunjuk dan memilih Kota Gorontalo salah satu pelaksanaan kegiatan ini. Dan, kami bisa mengikutkan 200 lebih pelaku UMKM di Kota Gorontalo,” pungkasnya. (Inkri/Adv)