Digitalisasi Desa, Mendes: Bukan Eranya Lagi Warga Menunggu di Balai Desa Urus Surat

Digitalisasi Desa, Mendes: Bukan Eranya Lagi Warga Menunggu di Balai Desa Urus Surat

29/10/2020 22:38 0 By Maman

Digitalisasi Desa

Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar dalam agenda kunjungan kerja ke Nangkula Park Desa Kendalbulur Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar mendorong pemerintah desa untuk menerapkan digitalisasi desa. Menurutnya, bukan eranya lagi warga harus menunggu di Balai Desa, hanya untuk mengurus surat.

“Saya harap, semua desa di Indonesia yang sudah ada jaringan 4G, semaksimal mungkin harus sudah menerapkan digitalisasi desa,” kata Mendes usai meresmikan program digitalisasi desa dan meletakkan batu pertama perluasan Nangkula Park Desa Kedalbulur Kecamatan Boyolangu, Kamis (29/10/2020).

Digitalisasi Desa menurut Cak Halim sapaan akrabnya, merupakan keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Digitalisasi menjadi bukti hadirnya negara kepada warganya. Contoh, pelayanan publik di desa menjadi sangat mudah dan cepat.

“Bukan eranya lagi, warga harus nongkrong di balai desa hanya untuk mengurus surat perjalanan,” jelasnya.

Cak Halim juga menghimbau semua desa, terus melakukan inovasi dalam mengembangkan ekonomi, memperluas pemanfaatan dana desa utamanya untuk hal produktif contohnya desa wisata.

Pemerintah desa juga dihimbau olehnya, untuk melakukan konsolidasi UMKM, untuk memfasilitasi pemasarannya dan membangun ketahanan pangan desa melalui pemanfaatan Dana Desa.

Sementara itu, Kepala DPMD Tulungagung, Eko Asistono mengatakan, 257 desa di Tulungagung sudah terkoneksi dengan WIFI. Desa-desa ini diberlakukan Sistem Keuangan Desa (Siskuides) dan dimonitor secara online.

“41 desa tergolong sudah maju, dan 81 desa yang tergolong berkembang,” ungkapnya.

Hadir pula dalam acara tersebut, Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, Ketua DPRD Tulungagung, Marsono, jajaran Forkopimda dan Forkopimca Boyolangu. (Sururi)