Diguyur Hujan Seharian, 4 Kecamatan di Pohuwato Terkena Banjir

16/06/2019 10:34 0 By Yadin

Kondisi SMK Patilanggio yang terkena banjir, Ahad (16/6/2019). (f.marwan)

Hulondalo.id – Hujan deras yang mengguyur wilayah Pohuwato Sabtu (15/6/2019), mengakibatkan beberapa desa di 4 kecamatan diterjang banjir. Bahkan sebagian pemukiman warga, sekolah dan puskesmas pun ikut terdampak.

Kepada hulondalo.id, Kepala BPBD Pohuwato Ramon Abdjul mengatakan bahwa, sudah ada 4 kecamatan yang terkena banjir. “Tadi malam itu di Desa Buhu Jaya Kecamatan Paguat dan itu sudah kita tangani. Setelah itu Kecamatan Taluditi, disekitar Desa Malango dan Desa PK 1. Untuk kemarin sore itu di Kecamatan Popayato Timur Desa Marisa. Dan sekarang yang akan kita tangani adalah wilayah Kecamatan Patilanggio,” jelas Ramon saat dikonfirmasi via seluler.

Pihaknya pun sudah bergerak ke Patilanggio untuk memberikan penanganan. “Air dari Kecamatan Taluditi dan Randangan itu mengarah ke Patilanggio, dan tanggulnya jebol sehingga mengancam beberapa ratus rumah,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Suka Makmur Badrun Yonu mengatakan, sebagian Desa Suka Makmur dan Desa Dulomo itu terkena banjir karena jebolnya tanggul yang ada di Desa Suka Makmur itu sendiri. “Tanggul tersebut itu sudah di 2 tahun yang lalu, sempat jebol dan diperbaiki. Namun hari ini kembali jebol sehingga mengakibatkan banjir di 2 desa di Kecamatan Patilanggio.

Dan kondisi saat ini, banjir sudah merendam sebagian pemukiman warga, sekolah dan puskesmas di Kecamatan Patilanggio. Olehnya Badrun berharap, persoalan banjir ini mendapatkan penanganan secara bersama terutama perbaikan tanggul. (Yadin)