Dihadapan Wagub Idris, Thamrin Papar Pemicu Banjir di Milango Cs

Dihadapan Wagub Idris, Thamrin Papar Pemicu Banjir di Milango Cs

18/03/2021 14:43 0 By Maman

Thamrin Kunjungan Wagub Milango

Asisten I Gorontalo Utara, Thamrin Jusuf memaparkan penyebab banjir di Kecamatan Tomilito dihadapan Wagub Gorontalo, Idris Rahim. (foto:hms)

Hulondalo.id – Momen kunjungan Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim di Kecamatan Tomilito, dimanfaatkan Asisten I Setda Gorontalo Utara, Thamrin Jusuf memaparkan pemicu terjadinya banjir di Desa Milango dan sekitarnya.

“Adanya pertemuan dua sungai, dan pendangkalan sungai, antara lain menjadi penyebab banjir di wilayah ini,” kata Thamrin, usai mendampingi Wagub Idris Rahim menyerahkan bantuan cadangan pangan di Desa Milango, Leyao dan Bubode, Rabu (18/3/2021).

Thamrin juga mengatakan, hulu sungai bertemu di tiga desa tersebut. Belum lagi kata Thamrin, saat air pasang dari laut atau yang disebut banjir rob, bertemu dengan air sungai, dan itu membuat aliran sungai tidak mengalir lagi.

Pemerintah daerah lanjut Thamrin, sudah merespon permasalahan itu, diantaranya membangun bronjong. Namun bronjong tersebut jebol. Upaya lain, melalui Dana Desa kata Thamrin, sudah dilakukan.

“Namun payung hukum tidak mengijinkan, karena payung hukum dari permasalahan tersebut masuk dalam ranah balai sungai, dan pemerintah daerah sudah mengusulkan kembali, melalui Wakil Gubernur, paling tidak ada peninjauan dari balai sungai Sulawesi,” ungkap Thamrin.

Wagub juga kata Thamrin, menyampaikan akan mengkaji permasalahan tersebut dan mengundang serta memerintahkan balai sungai turun melakukan kroscek dilapangan.

“Sambil menunggu itu, kami sudah mengimbau masyarakat untuk senantiasa, waspada terhadap banjir ini,” tuturnya.

Sementara itu, terkait bantuan yang diserahkan Wagub Idris Rahim, itu program dari Ketahanan Pangan Provinsi Gorontalo, untuk membantu agar pangan di tiga desa terdampak banjir itu tetap terjaga dan di pertahankan.

“Agar tidak ada krisis makanan dan lain sebagainya setelah dampak banjir,” ujar Thamrin. (Prin/Adv)