Dikes Mulai Genjot Pelaporan Imunisasi Berbasis Web

Dikes Mulai Genjot Pelaporan Imunisasi Berbasis Web

09/04/2019 18:55 0 By Alex

imunisasi

Kegiatan Training Pencatatan dan Pelaporan Imunisasi Berbasis Web yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Hulondalo.id – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo mulai mendorong para tenaga kesehatan di kabupaten/kota untuk memberikan laporan data imunisasi berbasis web. Ini bertujuan untuk mendapatkan pelaporan yang lebih cepat dan sistematis.

Hal itu terungkap pada Training Pencatatan dan Pelaporan Imunisasi Berbasis Web yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI ini diikuti oleh 226 peserta yang terdiri dari bidang P2P kabupaten/kota, pengelola program imunisasi, pengelola data imunisasi, pengelola imunisasi puskesmas dan pengelola data imunisasi puskesmas.

“Kita menginginkan dalam pertemuan ini pelaporan imunisasi kedepan lebih cepat dan sistematis, sekaligus mempermudah dalam proses screening status imunisasi untuk beberapa jenis vaksin tertentu,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Misranda Nalole.

Menurut Misranda, data imunisasi sangat erat kaitannya dengan data kohor bayi sehingga harus benar-benar diperhatikan. Dan jika tidak lengkap, maka akan berpengaruh terhadap capaian cakupan imunisasi, termasuk pemakaian vaksin.

Selain itu, seiring dengan kesepakatan bersama pada Rekontek P2P tingkat Provinsi Gorontalo, khususnya dalam peningkatan cakupan dan mutu imunisasi, Misranda berharap pemerintah kabupaten/kota untuk terus melakukan berbagai upaya inovatif dalam penguatan dan peningkatan cakupan serta mutu imunisasi, dengan melibatkan lintas program dan lintas sektor terkait.

“Apa yang sudah dilakukan seperti kegiatan wisuda dan pemberian sertifikat pada anak yang telah mencapai imunisasi dasar lengkap (IDL), membentuk gerakan masyarakat peduli imunisasi harus ditingkatkan. Bahkan menjadi program kabupaten/kota. Peningkatan kualitas cold chain melalui pendanaan biaya pemeliharaan chold chain serta pengelolaan vaksin secara SOP yang berlaku adalah hal dasar yang juga harus ditingkatkan,” pinta Misranda.(usman/5)