Dikes Provinsi Gelar Pertemuan Pembahasan SPM

Dikes Provinsi Gelar Pertemuan Pembahasan SPM

16/05/2019 20:35 0 By Maman

Sekretaris Daerah Provinsi Darda Daraba Memberikan Sambutan Kegiatan Pertemuan Pembahasan SPM Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Kamis (16/5) di hotel Grand Q Kota Gorontalo.

Hulondalo.id – Terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM), semakin memperkuat implementasi penerapan SPM di daerah. Berdasar pada regulasi itu, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota wajib menerapkan SPM bidang kesehatan.

Fungsinya kata Kasubag Perencanaan dan Evaluasi Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Rosnawati Karim, pada pertemuan pembahasan SPM tingkat Provinsi Gorontalo, sebagai instrument, dalam memperkuat pelaksanaan Performance Based Budgeting bidang kesehatan, khususnya proses perencanaan dan penganggaran di Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Pertemuan tersebut juga dihadiri Sekda Provinsi Gorontalo Darda Daraba, Kamis (16/5) di hotel Grand Q Kota Gorontalo.

“Implementasi SPM akan memperkuat sisi promotif – previntif, sehingga diharapkan akan berdampak pada penurunan jumlah kasus kuratif yang harus ditanggung oleh JKN,” ungkap Rosnawati.

Menurut Rosnawati lagi, pertemuan ini dimaksudkan, untuk memberikan sosialisasi dan advokasi implementasi pelaksanaan SPM Bidang Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota kepada Dinas Kesehatan dan jajarannya serta stakeholder terkait lainnya (Bappeda Kab/Kota), dalam perhitungan kebutuhan anggaran kegiatan sesuai indikator SPM.

“Juga untuk memperoleh penguatan instrumen perhitungan kebutuhan anggaran sesuai dengan layanan data SPM,” jelasnya.

Rosnawati berharap, nantinya setiap pengelola program di Provinsi baik Kabupaten/Kota, memiliki pemahaman, dalam menjalankan aplikasi.

Kasubag Perencanaan dan Evaluasi Dikes Provinsi Gorontalo Rosnawati Karim.

“Sehingga nantinya, akan memperoleh hasil perhitungan costing SPM, yang dapat digunakan sebagai dokumen perencanaan dan anggaran,” tutur Rosnawati.

Sementara itu, Sekda Provinsi Gorontalo Darda Daraba memandang bahwa, kegiatan ini perlu dilakukan. Sebab, kegiatan ini membantu Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam penerapan SPM bidang Kesehatan.

“Khususnya untuk memperkuat dan memudahkan pemegang program di Dinas Kesehatan dalam perhitungan kebutuhan pembiayaan dan anggarannya,” kata Sekda.

Sekda berharap, hasil penguatan perhitungan pembiayaan kesehatan khususnya SPM ini dapat dipakai, sebagai bahan advokasi kepada pemangku kebijakan di kabupaten/kota dalam pengalokasian anggaran khususnya untuk pembiayaan penerapan SPM. (rinto/5)