Dikes Provinsi Gorontalo Evaluasi Pelaksanaan Germas Didua Kabupaten

09/10/2019 18:29 0 By Maman

Plh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan KB Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Sabri Panigoro membuka Evaluasi Pelaksanaan Germas di Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara, Rabu (09/10) di hotel Grand Q Kota Gorontalo.

Hulolndalo.id- Menyukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), tidak hanya menjadi tugas dan peran dari sektor kesehatan saja, namun butuh peran masyarakat dan lintas sektor lainnya.

Hal itu kata Plh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan KB Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Sabri Panigoro, dilakukan dengan mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif serta melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Saat membuka kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Germas di Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara, Rabu (09/10/2019) di hotel Grand Q Kota Gorontalo.
Sabri Panigoro mengatakan, dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dapat dilakukan dengan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, serta menggunakan jamban.

“Pelaksanaan Germas harus dimulai dari individu, keluarga dan masyarakat dengan mempraktekkan perilaku hidup sehat,” kata Sabri.

Olehnya, Pemerintah baik ditingkat pusat maupun daerah, diharapkan dapat menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, dapat memantau dan mengevaluasi pelaksanaannya”, ungkap Sabri Panigoro. (Rinto)

loading...