Dikes Provinsi Ringankan Beban Derita Risaman Hasan

Dikes Provinsi Ringankan Beban Derita Risaman Hasan

16/08/2019 15:20 0 By Yadin

Kasie Pembiayaan Jaminan Kesehatan, Afriyani Katili mengunjungi Risaman di RSUD Aloei Saboe Kota Gorontalo, Jumat (16/8/2019). (istimewa)

Hulondalo.id – Risaman Hasan (26) warga Desa Dulamayo Selatan, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo telah mendapatkan penanganan medis oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam.

Risaman menderita penyakit Sirosis sudah lebih dari empat tahun. Menurut ilmu kedokteran, Sirosis merupakan penyakit dimana kondisi rusaknya organ hati akibat terbentuknya jaringan perut yang berakibat penyakit liver yang berkepanjangan, misalnya karena infeksi virus hepatitis atau kecanduan alkohol.

Kondisi yang dialami Risaman sempat mengundang perhatian warganet dan menyarankan dirinya untuk dirujuk ke rumah sakit di luar daerah.

Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melalui Kepala Seksi Pembiayaan Jaminan Kesehatan,  Afriyani Katili, langsung mengunjungi pasien tersebut di rumah sakit.

Afriyani Katili juga menemui Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Ansar Andi Raja, yang menangani Risaman, untuk menanyakan kondisi terakhir dari pasien. Namun, dari keterangan dokter, bahwa pasien tidak dioperasi dan tidak dirujuk.

Meski begitu, Dinas Kesehatan Provinsi Goronto siap menanggung rujukan pasien jika prosedur rujukan memenuhi syarat. Sebab, kata Afriyani, khusus untuk rujukan ke luar daerah, semuanya menjadi hak dari dokter yang disesuaikan dengan kebutuhan medis pasien, bukan atas permintaan sendiri.

“Kami Dinkes Provinsi siap membantu seluruh biaya rujukan keluar daerah. Namun, tetap memperhatikan juknis rujukan itu sendiri. Terlebih, Risaman peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) JKN yang ditanggung APBD. Sehingga seluruh perawatan Risaman akan ditanggung pemerintah” kata Afriyani.

Afriyani juga menambahkan, bahwa yang bersangkutan sudah sering keluar masuk RS, namun yang menjadi perhatian saat ini, adanya kondisi perut Risaman yang sudah membesar. Dan saat ini, pria 26 tahun itu, tetap menjalani perawatan di CVCU dengan penanggung jawab dr. Ansar Andi Radja.

Sementara itu, saat dihubungi Plt. Kadinkes Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole menyampaikan, bahwa Dinas Kesehatan Provinsi siap memberikan pelayanan cepat, apabila terdapat masyarakat yang tidak mendapatkan perhatian terkait masalah kesehatan di Provinsi Gorontalo.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin, untuk merespon cepat setiap masalah kesehatan, mengingat pelayanan di sektor kesehatan sangat penting bagi masyarakat, dan untuk memenuhi standar pelayanan tersebut, tentunya harus sesuai dengan prosedur yang berlaku,” jelas Misranda. (Rinto)