Dikpora Boalemo Mantapkan Pemahaman Sistem Aplikasi Data

Dikpora Boalemo Mantapkan Pemahaman Sistem Aplikasi Data

23/02/2021 13:26 0 By Yadin

Dinas Kependidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Boalemo menggelar sosialisasi aplikasi data pendidikan (Dapodik) versi 2021, Selasa (23/2/2021).

Hulondalo.id – Dinas Kependidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Boalemo menggelar sosialisasi aplikasi data pendidikan (Dapodik) versi 2021, Selasa (23/2/2021).

Sosialisasi itu diperuntukkan untuk jenjang pendidikan anak usia dini (Paud) dan pendidikan non formal (PNF) se-Kabupaten Boalemo.

Kepala Diknas Dikpora Boalemo melalui Sekretaris Ramli Masi mengatakan, kegiatan ini penting untuk diikuti. Sehingga harus diimplementasikan dan menjadi tanggung jawab para operator sekolah.

“Dalam lingkup data, itu sangat penting. Karena seluruh data yang ada di sekolah, baik itu Paud, akan diakumulasi menjadi data di daerah, dikirim ke nasional, dan akan menjadi data nasional. Sehingga data itu itu tidak boleh salah. Jika salah, maka hancurlah data yang di nasional hingga daerah,” ungkapnya.

Kata Ramli, sosialisasi ini bertujuan agar para operator bisa mensinkronisasikan data dengan lebih akurat.

“Saya bangga, kepada operator yang mampu mengendalikan atau tahu dalam mengelola data yang benar. Sebab operator adalah bagian eksekusinya, sementara laporannya kepada pimpinan,” terangnya.

Ramli berharap dengan sistem apilkasi data ini bisa lebih memudahkan dalam pelayanan yang harus didukung dengan fasilitas yang memadai.

“Suasana sistem yang secara aplikasi dan didukung oleh fasilitas, sehingga ini bisa membuat data yang sama dan terukur,” jelas Ramli Masie.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Paud dan PNF, Mukti Dako menyampaikan bahwa sosialisasi ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Kegiatan ini bukan kegiatan biasa, karena berhubungan dengan data. Dan jika salah satu huruf dan angka salah, maka tidak akan sinkron. Sehingga saya berharap kegiatan ini bisa disimak dan didengarkan dengan baik, karena setelah dari sini bapak-ibu yang akan melaksanakan di lapangan,” terangnya.

Peserta dari kegiatan sosialisasi ini berjumlah 36 orang terdiri dari operator Paud dan diknas se-Kabupaten Bolaemo yang dilaksanakan selama dua hari. (Mg-03/adv)