Dilantik Penjabat Sekda, Suleman: Siap Jalankan Perintah

Dilantik Penjabat Sekda, Suleman: Siap Jalankan Perintah

11/10/2021 22:03 0 By Maman

Pelantikan Penjabat Sekda Gorontalo Utara

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin menyerahkan SK Penjabat Sekda Gorontalo Utara kepada Suleman Lakoro. (foto:prin)

Hulondalo.id – Penjabat Sekda Gorontalo Utara, Suleman Lakoro siap menjalankan tugas pokok dan fungsinya sesuai regulasi. Suleman dilantik Senin (11/10/2021) oleh Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin setelah beberapa bulan sebelumnya menjabat sebagai Plh Sekda Gorontalo Utara.

Suleman mengatakan, Penjabat Sekda dilantik terkait dengan kekosongan pejabat definitif, yang beberapa hari kemarin sudah dinonaktifkan dan, sesuai regulasi harus diisi oleh penjabat.

Mekanismenya kata Suleman, sesuai dengan Perpres Nomor 3 tahun 2018. Bupati kata dia, mengusulkan satu nama ke Gubernur, untuk direkomendasikan menjadi Penjabat Sekda.

“Alhamdulillah saya selaku Asisten Administrasi Umum, diusulkan Bupati dan tadi, sudah dibacakan persetujuan Gubernur, tepatnya tanggal 11 Oktober 2021 saya dilantik sebagai penjabat sekretaris daerah,” ujarnya.

Sebagai Penjabat Sekda lanjut Suleman, ada batas waktu 3 bulan, untuk mempersiapkan Penjabat Sekda definitif. Hal itu kata dia, akan dikoordinasikan dengan unit terkait. Sedangkan untuk tugas pokok dan fungsi penjabat sebagaimana regulasi yang ada, juga masih terbatas.

“Tidak semua, karena ini hanya penjabat, jadi tugas-tugasnya dibatasi oleh regulasi,” terangnya.

Namun secara umum Suleman mengatakan, Penjabat Sekda sudah boleh melaksanakan tugas pokok dari Sekda definitif.

Terkait dengan penyampaian Bupati, Suleman menjelaskan, itu akan menjadi perintah baginya.

“Tugas pokok Sekretaris Daerah itu adalah membantu Kepala Daerah, dalam menjalankan tugas-tugasnya terutama dalam bidang administrasi,” jelasnya.

Yang jelas kata Suleman, Sekda sampai dengan Kepala Dusun itu merupakan pembantu Kepala Daerah dan DPRD.

“Karena dalam undang-undang 32 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, bahwa penyelenggara pemerintahan di daerah adalah Bupati dengan DPRD, sedangkan Sekretaris Daerah sampai dengan Kepala Dusun merupakan pembantu mereka untuk menjalankan tugas dan fungsi pokok,” tandasnya. (Prin/Adv)