Dimediasi Sekdaprov Sulteng, PT. HJM Akhirnya Bersedia Berikan Kompensasi

Dimediasi Sekdaprov Sulteng, PT. HJM Akhirnya Bersedia Berikan Kompensasi

12/09/2019 22:38 0 By Syakir

Sekda Provinsi Sulawesi Tengah Mohamad Hidayat Lamakarate, saat memdiasi polemik investasi pertambangan, di Rujab Bupati Morowali, Kamis (12/9/2019).

Hulondalo.id – Setelah melalui proses mediasi dalam rapat yang dipimpin Sekda Provinsi Sulteng Mohamad Hidayat Lamakarate, Kamis (12/9/2019), PT. Heng Jaya Mineral akhirnya bersedia membayar kompensasi kepada masyarakat.

Dalam rapat yang digelar di rumah jabatan Bupati Morowali, Sulawesi Tengah, terungkap bahwa akar permasalahan berawal dari izin lokasi pertambangan PT. Hang Jaya Mineral (HJM), didalamnyanya ada lahan yang dikelola masyarakat setempat.

Upaya mediasi yang dilakukan masih mengalami jalan buntu, walaupun sudah melibatkan pemerintah desa dan kecamatan. Lokasi perizinan itu sendiri terletak di Desa Tangopa kecamatan Bungku Pesisir dan Desa Bete Bete Kecamatan Bahodopi.

Dan selaku Ketua Tim Percepatan Investasi di daerah yang ditunjuk langsung Presiden RI, Sekda berharap persoalan ini bisa segera selesai, dan investasi di daerah bisa segera berjalan. Apalagi, pihak perusahaan sudah mengantongi izin dari pemerintah pusat.

Sekda Hidayat Lamakarate pun meminta PT. Hang Jaya Mineral bisa memaklumi kondisi ini dan bersedia memberikan sejumlah kompensasi ke masyarakat yang berada dalam kawasan izin operasional mereka. “saya berharap persoalan ini bisa tuntas satu bulan kedepan,” ungkapnya.

Sementara itu, pihak PT. Hang Jaya Mineral sudah menyanggupi permintaan pemberian kompensasi bagi masyarakat. Hanya saja, pihak perusahaan berharap upaya mereka itu dimediasi oleh pemerintah setempat. Rapat itu sendiri ikut menghadirkan unsur pimpinan Forkopimda. (andis/adv)