Dinas Pangan Gorontalo Luncurkan Program Pelestarian Pangan

Dinas Pangan Gorontalo Luncurkan Program Pelestarian Pangan

30/01/2020 20:48 0 By Alex

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba saat menyiram bibit cabe dengan mulsa plastik pada program Gerakan Tanam Cabe (Gertam Cabe), Kamis (30/1/2020).

Hulondalo.id – Sejumlah program yang berkaitan erat dengan upaya pelestarian lingkungan secara resmi diluncurkan Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, Kamis (30/1/2020).

Program tersebut di antaranya Obor Pangan Lestari (OPAL), Gerakan Tanam Cabe (Gertam Cabe), Penanaman Pohon Kelor, dan Pengurangan Penggunaan Botol Plastik di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Pangan Provinsi Gorontalo.

“Kalau lembaga atau dinas sudah menggaungkan program-program pelestarian seperti ini, tentu akan menyentuh hingga ke elemen terbawah. Khusus untuk cabe dan pohon kelor, kalau sudah disiapkan lahan, bibit, cara-cara pengolahannya juga kita sudah tau, maka tujuan dari pelestarian pangan, pelestarian lingkungan tentu akan tercapai,” kata Darda.

Sebelumnya, Dinas Pangan Provinsi Gorontalo selama Tahun 2019 telah menyalurkan 10.000 bibit cabe secara gratis yang dibagikan kepada kelompok wanita tani melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), kepada ASN dan lembaga-lembaga sosial.

Sementara untuk tahun 2020, jumlah bibit cabe yang sama juga dibagikan untuk siswa sekolah.

“Ada namanya CITOS (Chili to school) atau cabe masuk sekolah. Nanti kita kerjasama dengan pihak sekolah, kita bikin nanti di sana persemaian cabe. Kemudian masing-masing anak sekolah membawa polybag dari cabe itu ditanam di rumah. Setiap anak akan kita bagikan 10 bibit cabe. Program ini kita jadikan sebagai kegiatan ekstrakulikuler anak-anak sekolah,” kata Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo Sutrisno.

Selain peluncuran berbagai program pelestarian lingkungan, Dinas Pangan Provinsi Gorontalo juga melaksanakan penandatanganan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja di lingkungan ASN Dinas Pangan Provinsi Gorontalo.(adv/alex)