Dinas Pariwisata Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Gorontalo Bangkit

Dinas Pariwisata Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Gorontalo Bangkit

06/08/2020 19:55 0 By Alex

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili saat membuka webinar dengan tema bincang kreatif the series secara virtual, Kamis (6/8/2020)

Hulondalo.id – Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo terus mendorong pelaku ekonomi kreatif di Gorontalo untuk bangkit meski di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu terungkap pada webinar dengan tema bincang kreatif the series secara virtual, Kamis (6/8/2020).

Sejak virus corona melanda Indonesia diakui yang memberi dampak signifikan bagi sektor perekonomian, menyebabkan krisis ekonomi di mana-mana, tak terkecuali sektor industri kreatif.

Banyak pelaku usaha harus bertahan dalam situasi krisis seperti ini, bahkan ada pelaku ekonomi yang harus gulung tikar dengan usaha yang mereka rintis sejak awal hingga banyak karyawan yang dipecat.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Rifli Katili menyampaikan, pemerintah dapat menjadi pelopor untuk mengambil bagian di tengah masyarakat yang telah hilang kepercayaan mengakibatkan semua sektor terpuruk.

Dia pun menawarkan sektor pariwisata menjadi pemicu utama dan trigger yang cepat memperbaiki ekonomi. Bahkan, pemerintah pusat juga telah mendukung UMKM agar tidak bangkrut, yaitu melakukan stimulasi dengan dana bantuan dan melakukan upaya agar orang di sekeliling tetap berpendapatan.

“Dengan motto Kita Jaga Kita Bela para Pelaku Ekonomi Kreatif dalam bentuk yang kongkrit, di samping stimulan dana bantuan, kita mendukung dan menghadirkan narasumber yang berpengalaman sebagai para pelaku ekonomi kreatif namun dapat bertahan di dunia kerja,” ujar Rifli.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif dan SDM Pariwisata, Nur Laela N Musa mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan selama 1 bulan selama Agustus, setiap pekan akan ada webinar seperti ini yang melibatkan sejumlah narasumber.

“Dengan webinar ini diharapkan para pelaku usaha bisa bangkit, maju dan semangat untuk meningkatkan kreativitas mereka,” tandasnya.(adv/alex)