Dinas Pariwisata Dorong Pelestarian Kota Tua Gorontalo

Dinas Pariwisata Dorong Pelestarian Kota Tua Gorontalo

11/09/2020 16:34 0 By Alex

Kawasan Kota Tua di Kota Gorontalo. (f. kumparan)

Hulondalo.id – Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo menggelar diskusi terpumpun mengenal lebih dekat potensi cagar budaya di beranda Hotel Velberg, Kota Gorontalo, Kamis (10/19/2020).

Sebelumnya diketahui, secara morfologi, sebaran cagar budaya dan obyek yang diduga cagar budaya yang ada di dalam Kota Tua Gorontalo merupakan yang paling utuh di Pulau Sulawesi.

Mulai dari kawasan lapangan Taruna Remaja Gorontalo yang dikitari oleh bangunan masa Pemerintahan Hindia Belanda masih berjejer rapi dan difungsikan sebagai tempat tinggal, rumah sakit tentara, kantor pos, rumah kopi, pertokoan, perkantoran dan rumah jabatan.

Bangunan-bangunan yang mewakili gaya arsitektur zamannya ini memiliki pesona tersendiri sebagai lokasi pengembangan pariwisata di daerah ini.

Namun hingga saat ini, potensi cagar budaya belum banyak disentuh untuk pelestarian dan pemanfaatannya. Hal inilah yang mendorong Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo menggelar diskusi yang juga sebagai sarana untuk penguatan pengusulan Geopark Gorontalo dari sisi Culture Heritage.

“Melalui diskusi potensi Kota Tua Gorontalo yang melibatkan banyak pihak ini semoga pengelolaannya semakin baik,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Rifli Katili.

Dalam diskusi ini sebagai pembicara menghadirkan Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Gorontalo M Nasir, Kepala Bapppeda Kepala Dinas Pariwisata Kota Gorontalo Effendy Rauf.

Sejumlah peserta berasal dari Ikatan Arsitek Indonesia, Jurusan Arsitektir Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Komunitas Gorontalo Tanah Pusaka, Himpunan Pramuwisata Indonesia, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Lembaga Adat Kota Gorontalo, pelaku industri pariwisata, Bappeda Kota Gorontalo dan para arkeolog.(adv/alex)