Dinas PPPA Kabupaten Gorontalo Dampingi Kasus Kaum Disabilitas

Dinas PPPA Kabupaten Gorontalo Dampingi Kasus Kaum Disabilitas

16/01/2020 15:26 0 By Maman

Kadis PPPA Kabupaten Gorontalo Dewi Nani dalam salah satu acara bersama Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Hulondalo.id- Berbagai upaya terus dilakukan Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Gorontalo Dewi Nani dalam rangka menangani kasus pelecehan seksual yang menimpa kaum disabilitas. Menurut Dewi, pelecehan seksual terhadap disabilitas banyak terjadi di desa-desa.

“Kita adakan penyuluhan di desa-desa, ini kebanyakan menimpa anak-anak disabilitas yang keluarganya kurang mampu,” ungkap Dewi Nani, Rabu (15/1/2020).

Dewi sendiri sehari-hari bergerilya desa ke desa, demi mensosialisasikan pentingnya perlindungan terhadap perempuan dan anak. Dia juga telah menjadikan Pentadio Barat sebagai Desa Layak Anak dengan melantik Forum Perempuan dan Anak.

Dia berharap, hal ini dapat diikuti oleh desa-desa lainnya, sehingga benteng perlindungan perempuan dan anak semakin kokoh.

Terkait kasus yang dialami kaum disabilitas, Dewi mengatakan, Dinas PPPA telah menyiapkan pendampingan khusus. Sebab, kasus yang dialami kaum disabilitas, harus ada pendampingan psikolog.

“Seperti kemarin di Tabongo, kepolisian agak kesulitan mem-P21kan, karena sulitnya berkomunikasi, nah disinilah peran kita,” tukas Dewi memberi contoh. (Ika/Adv)