Dinilai Efektif Cegah Penyebaran Covid-19, Jam Malam di Tulungagung Bakal Diterapkan

Dinilai Efektif Cegah Penyebaran Covid-19, Jam Malam di Tulungagung Bakal Diterapkan

01/08/2020 15:16 0 By Maman

Kapolres Tulungagung, AKBP. Eva Guna Pandia.

Hulondalo.id (Tulungagung) – Penerapan jam malam dinilai masih sangat efektif dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tulungagung.

“Sama-sama kita bisa melihat, dampak dari penerapan jam malam lebih banyak memberikan faktor positif,” kata Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia setelah menghadiri Apel 3 Pilar, Kamis (30/07/2020).

Menurut Kapolres, Kabupaten Tulungagung terkenal dengan tempat ngopi atau nyethe. Dan biasanya, ini dilakukan dengan berkerumun. Kalau ada pembiaran, rawan terjadi klaster baru. Padahal kata Kapolres, semua tahu bahwa Covid-19 belum berakhir.

Pandia juga menjelaskan, kepolisian sudah melakukan konfirmasi ke beberapa  pemilik warung kopi, sudah mulai ada peningkatan omset, walaupun ada jam malam.

“Anak muda ke warung kopi, hanya memanfaatkan wifi gratis, ini rawan, dan penerapan jam malam masyarakat sudah mulai terbiasa.” jelasnya.

“Jika di Tulungagung sudah zona hijau atau covid-19 dinyatakan sudah tidak ada, kebijakan jam malam akan di evaluasi kembali,” tambahnya.

Penerapan jam malam di Tulungagung juga, saat ini sudah dicontoh oleh daerah lain, karena dinilai sangat efektif dalam menghambat penyebaran Covid-19.

“Kalau kita kendor, besar kemungkinan angka covid-19 melonjak lagi, tidak hanya zona orange, bahkan bisa merah,” tegasnya.

3 pilar, utamanya kepolisian kata Kapolres, meminta kepada semua pihak termasuk media, membantu memasifkan sosialisasi kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. (MO)