Dinkes Provinsi Gorontalo: Vaksin Covid-19 Tidak Berbahaya bagi Lansia 

Dinkes Provinsi Gorontalo: Vaksin Covid-19 Tidak Berbahaya bagi Lansia 

29/05/2021 12:08 0 By Syakir

Hulondalo.id – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Reyke Uloli, SKM, M.Kes, memastikan vaksin covid-19 tidak berbahaya bagi warga lanjut usia (lansia).

“Di Gorontalo hampir 50.000 lansia yang sudah di vaksinasi, sampai saat ini belum ada korban meninggal pasca divaksinasi bagi orang tua atau lanjut usia (lansia),” ungkapnya, Sabtu (29/5/2021), saat memberikan himbauan kepada lansia di Gorontalo Utara.

Lebih lanjut kata Reyke, jika ada reaksi setelah di vaksinasi bagi lansia, itu adalah reaksi positif. Jangan kwatir, atau takut. Ini dilaksanakan seluruh Indonesia bukan hanya di Provinsi Gorontalo, bahkan seluruh dunia.

“Mengapa kita harus di vaksin, sebab sudah ada varian baru virus yang lebih berbahaya dan cepat penularannya. Untuk itu, wajib di vaksinasi bagi lansia dan ini bentuk kepedulian kita dalam melindungi orang tua kita dari virus ini,” kata Reyke.

Dijelaskan Reyke, para orang tua ini memiliki hak asasi manusia (HAM) untuk dilindungi. Para lansia, mereka yang rentang tentunya imunitasnya dibawah yang mudah terjangkit penyakit, maka perlu dilindungi dengan diberikan vaksinasi covid-19.

“Kami menghimbau kepada seluruh lansia agar dapat mengajak atau mendorong untuk datang di fasilitas kesehatan (faskes) yakni puskesmas terdekat diwilayah masing-masing,” imbau Reyke.

“Kita harus sadar untuk mencari dimana layanan yang membuka vaksinasi. Mudah-mudahan Allah SWT melindungi kita semua dari virus corona ini,” sambungnya. (Inkri/Adv)