Dinsos Pupuk Semangat Huyula dan Upaya Restorasi Sosial

Dinsos Pupuk Semangat Huyula dan Upaya Restorasi Sosial

24/06/2019 10:09 0 By Alex

Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Provinsi Gorontalo menggelar sosialisasi memperkuat restorasi sosial melalui potensi dan sumber kesejahteraan sosial tingkat provinsi, Jumat (21/6/2019)

Hulondalo.id – Dalam rangka memupuk semangat huyula atau gotong royong dan upaya restorasi sosial, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Provinsi Gorontalo menggelar sosialisasi memperkuat restorasi sosial melalui potensi dan sumber kesejahteraan sosial tingkat provinsi, Jumat (21/6/2019).

“Sosialisasi ini dimaksudkan untuk menempa jiwa, pengetahuan, semangat dan ketrampilan untuk generasi muda sebagai masa depan perjuangan Indonesia,” kata Kepala Dinsos P3A Provinsi Gorontalo, Risjon Kujiman Sunge.

Dia menjabarkan pentingnya penanaman nilai-nilai luhur masyarakat Gorontalo yang sudah teruji, namun dalam perkembangan zaman mulai tergerus. Olehnya penting merestorasi nilai sosial yang saat ini mulai luntur di masyarakat.

“Dinas Sosial dalam upaya pemberdayaan masyarakat tidak hanya fokus pada program yang bersifat edukatif melalui berbagai sosialisasi, tapi juga langsung melakukan kerja nyata yang menyentuh langsung masyarakat, terutama keluarga miskin,” ujar Risjon.

Semangat mengembangkan nilai-nilai sosial ini akan melahirkan sikap saling mengasihi dan tolong-menolong dalam masyarakat. Wujud nyata sikap ini tercermin dalam kehidupan sehari-hari, seperti yang diprogramkam pemerintah melalui program bantuan pangan nontunai daerah kepada 35 Ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Kerja nyata lainnya yang dilakukan adalah proaktif menjadi tuan rumah peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional tahun sebelumnya yang menuai sukses.

Dalam sosialisasi ini, hadir Sekretaris Dinsos P3A Iskandar Misilu, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Remy A Pakaya, Kepala Seksi Kepahlawanan Keperintisan Kesetiakawanan dan Resolusi Sosial (K3RS) Budi Susanto Yunus, serta diikuti peserta dari Dinas Sosial Kota Gorontalo, Kepala sekolah SD, SMP dan SMA di Kota Gorontalo.(usman)