Dipenghujung Masa Jabatan, Syarif Mbuinga Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan

Dipenghujung Masa Jabatan, Syarif Mbuinga Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan

03/12/2020 19:07 0 By Yadin

Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga. (doc.hms)

Hulondalo.idUpdate data kemiskinan Kabupaten Pohuwato tahun 2020 berhasil turun di angka 17,62 persen.

Walaupun ada yang nyinyir dengan program Bupati Syarif Mbuinga bersama wakilnya Amin Haras. Namun, Syarif seakan tak peduli dan terus memikirkan serta berbuat yang terbaik bagi rakyatnya.

Syarif sadar, bahwa masa jabatannya sudah akan berakhir dan tidak begitu pusing dengan kelompok yang nyinyir. Dan terbukti, rilis Badan Pusat Statistik Pohuwato terbaru menyampaikan angka kemiskinan untuk tahun 2020 turun menjadi 17,62 persen dari sebelumnya 18,16 persen.

Itu bukti bahwa pemerintah daerah dibawah komando Syarif betul-betul bekerja untuk rakyat Pohuwato.

“Alhamdulillah kabar baik ini merupakan bukti kinerja bersama seluruh level pemerintahan, mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional. Semua level ini berkontribusi dalam program keniskinan dimana kami Bappeda yang mengkolaborasikannya,” tutur Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh mewakili pemerintah daerah.

Irfan menambahkan, ada beberapa program kerakyatan Pemkab Pohuwato diantaranya mulai dari rumah sehat komunal, bantuan sarana produksi pertanian, subsidi biaya air dan listrik serta PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) gratis bagi warga miskin, lomaya, antar nasi tumis, bantuan perahu, bantuan bibit tanaman, bantuan ternak, bantuan UMKM serta perlindungan sosial berupa BPJS.

Penurunan angka kemiskinan ini merupakan yang terendah selama Pohuwato terbentuk. Ini menandakan bahwa kebijakan ekonomi kerakyatan di masa pemerintahan SYAH periode kedua sudah tepat. (yadin)